Pesan edukasi pada tayangan televisi : analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada program si bolang bocah petualang Trans7

Imamah, Nurul (2017) Pesan edukasi pada tayangan televisi : analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada program si bolang bocah petualang Trans7. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Televisi sebagai media massa yang keberadaannya masih sangat diminati, memiliki peran penting untuk masyarakat. Siaran televisi dapat memperluas pengetahuan melalui tayangan yang baik dan juga dapat membahayakan khalayak khususnya anak-anak. Dalam beberapa tahun kebelakang, media massa mencatat berbagai kasus yang dilakukan anak-anak lantaran pengaruh tayangan televisi yang ditontonnya. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian untuk mengkaji pesan edukasi yang terdapat pada tayangan anak di televisi agar dapat mempertegas dan membuktikan status televisi bukan hanya memberikan efek negatif tetapi juga sebagai kepentingan-kepentingan pendidikan. Si Bolang Bocah Petualang Trans7 menjadi objek dalam penelitian ini, tujuannya untuk mengungkap lebih jauh seberapa besar sebenarnya pesan-pesan edukasi yang ditayangkan Trans7 dalam tayangan Si Bolang Bocah Petualang dilihat dari sign dan object yang terdapat didalamnya dan bagaimana interpretant pada tayangan tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma kritis. Peirce dalam metodenya mengemukakan teori segitiga makna atau triangle meaning yang terdiri dari tanda (sign), objek (object), dan interpretasi (interpretant). Pengumpulan data dilakukan degan cara studi dokumentasi, mengamati tayangan, dan melakukan wawancara kepada pihak-pihak terkait. Kemudian, analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Si Bolang Bocah Petualang Trans7 memiliki pesan-pesan edukasi dalam tayanganya. Selama ini, tayangan tersebut menggunakan tanda yang sifatnya alamiah untuk merujuk object dalam komposisi gambarnya. Aspek budaya dan sosial menjadi aspek yang dianggap penting untuk menanamkan kesadaran pentingnya membangun hubungan antara manusia dengan alam dan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Berdasarkan temuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Pesan edukasi pada tayangan Si Bolang Bocah Petualang yang disiarkan oleh stasiun televisi swasta Trans7 ingin mengajarkan khalayak tentang bagaimana mengajarkan anak agar ramah terhadap lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pesan edukasi; tayangan tv; program tv
Subjects: Public Performances > Film Reviews
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 05 Sep 2019 02:37
Last Modified: 05 Sep 2019 02:37
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23390

Actions (login required)

View Item View Item