Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung)

Elis Apriyani, Elis (1209202063) (2013) Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Hubungannya dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3&4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini membahas dua variabel, yaitu “tanggapan siswa terhadap penggunaan model kooperatif tipe team assisted individualization” dan“hasil belajar kognitif siswa”. Model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tetapi pada kenyataannya sekitar 80% siswa masih mendapatkan nilai di bawah KKM. Kenyataan ini menimbulkan permasalahan apakah model tipe team assisted individualization ada hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe team assisted individualization pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung, untuk mengetahui realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung, untuk mengetahui realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe team assisted individualization dengan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat mengadaptasi pengajaran terhadap perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan siswa yang berarti hasil belajar siswa maupun percapaian prestasi siswa. Metode yang digunkan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dipandang cocok untuk penelitian ini. Metode deskriptif diarahkan untuk memecahkan masalah dengan cara memaparkan atau menggambarkan hasil penelitian. Teknik yang digunkan untuk mengumpulkan data adalah: angket, tes, observasi, wawancara, studi dokumentasi. Penyebaran angket ditunjukan kepada 30 siswa sebanyak 20 item. Untuk tes kepada 30 siswa sebanyak 20 item soal. Setelah data terkumpul maka dianalisis melalui analisis data dan analisis korelasi. Hasil penelitian diketahui bahwa realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization menunjukan kategori tinggi, yaitu sebesar 3,79 yang berada pada interval 3,40-4,19 dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 53,58 menunjukan kategori kurang, yang berada pada interval 50-59. Adapun analisis korelasi mengenai kedua variabel sebesar 0,33 dan termasuk rendah, karena berada pada interval 0,20-0,399, sedangkan signifikansi korelasinya diperoleh 〖 t〗_hitung(1,97) lebih besar dari 〖 t〗_tabel=(1,70). Hal ini berarti menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara keduanya. Adapun determinasi variabel X terhadap Y sebesar 10,9%. Hal ini menunjukan bahwa masih terdapat 89,1% ada faktor lain yang turut berkontribusi terhadap variasi skor hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif Tipe, Team Assisted Individualization, kognitif, Pendidikan agama islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:51
Last Modified: 14 Mar 2016 09:09
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item