Peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an dengan metode Talqin dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII A SMP Al-Hasan Bandung

Astuti, Laras Puji (2019) Peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur'an dengan metode Talqin dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII A SMP Al-Hasan Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menghafal al-Qur’an siswa. Hal ini ditunjukan oleh banyaknya siswa yang belum mampu melafalkan ayat-ayat al-Qur’an sesuai dengan kaidah tajwid dengan baik dan benar. Selain daripada itu, metode yang kurang tepat menjadi kendala rendahnya kemampuan siswa dalam menghafal al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan metode talqin dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII A, 2) kemampuan menghafal al-Qur’an siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode talqin dalam mata pelajaran PAI, dan 3) peningkatan kemampuan menghafal al-Qur’an siswa setelah menggunakan metode talqin dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa metode talqin dapat mempermudah seseorang dalam menghafal al-Qur’an. Metode ini efektif untuk seseorang yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik. Selain itu, metode talqin mempercepat dalam menghafal tanpa membaca al-Qur’an, hafalan bersifat kuat dan melekat serta dapat dipakai disegala usia. Dari asumsi tersebut ditarik hipotesis bahwa penggunaan metode talqin diduga dapat meningkatkan kemampuan menghafal al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan design one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A SMP Al-Hasan Bandung, dengan populasi sebanyak 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes lisan dilaksankan dengan 2 item soal, yakni Q.S Al-Furqon ayat 63 dan Q.S Al-Isra ayat 27. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode talqin berjalan dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil observasi kegiatan siswa dengan persentase sebanyak 94,64% pada dua pertemuan. 2) Kemampuan menghafal al-Qur’an siswa mengalami peningkatan, dimana didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 66,24 dan nilai rata-rata posttest sebesar 79,35. Setelah itu dilakukan uji normalitas data yakni dengan hasil χ2hitung untuk pretest dan posttest beturut-turut sebesar 3,71 dan 7,40. Hasil tersebut lebih kecil dibandingkan dengan χ2tabel yakni sebesar 7,81, maka data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas mendapatkan hasil Fhitung < Ftabel yakni sebesar 0,42 < 2,05, maka data tersebut homogen. Hasil uji-t didapakan bahwa Thitung > Ttabel, yakni 23,33 > 1,717, maka H1 terima yakni terjadi peningkatan kemampuan menghafal al-Qur’an siswa pada mata pelajaran PAI. 3) Peningkatan kemampuan menghafal al-Qur’an dilakukan pula dengan uji N-Gain, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,4, maka peningkatan kemampuan menghafal al-Qur’an siswa berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan; Kemampuan; Menghafal Al-Qur'an; Metode Talqin; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Laras Puji Astuti
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:04
Last Modified: 06 Sep 2019 07:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23447

Actions (login required)

View Item View Item