Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 1 Soreang

Nurfadillah, Lanny (2019) Tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMAN 1 Soreang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian didasarkan pada hasil observasi dan wawancara yang diperoleh informasi bahwa guru telah menerapkan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory yang mempunyai kelebihan dalam hal menghapal ayat al-Qur’an. Namun pada kenyataannya ketika siswa telah menghapal dalam waktu yang lama namun hanya beberapa ayat saja yang mereka hapal. Padahal yang menjadi keunggulan dari metode ini akan sangat memudahkan siswa, membuatnya merasa senang dan nyaman dalam menghapal ayat al-Qur’an. Hal tersebut menunjukkan suatu kesenjangan sehingga timbul permasalahan. Lalu, muncul pertanyaan tentang adakah hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory dengan motivasi belajar siswa atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tanggapan siswa mengenai penggunaan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory dikelas XI SMAN 1 Soreang; (2) realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI dikelas XI SMAN 1 Soreang; (3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dikelas XI SMAN 1 Soreang. Penelitian ini bertolak pada pernyataan bahwa metode pembelajaran Kauny Quantum Memory ini mudah, praktis, disertai gambar dan cerita ilustrasi untuk menarik perhatian siswa. Apabila metode pembelajaran ini menarik maka sudah seharusnya siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran PAI. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dekripsi yang dimaksudkan untuk pemecahan masalah pada saat sekarang, karena penelitian yang dilakukan penulis bertumpu pada masalah yang sedang berlangsung. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yaitu observasi, wawancara, studi dokumenter, dan kuantitatif berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran Kauny Quantum Memory menunjukan tanggapan positif dan menunjukan kualitas sangat tinggi dengan nilai akhir 4,53 yang berada pada skala 4,20 – 5,00 (2) Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI menunjukan kualitas sangat tinggi dengan nilai akhir 4,21 yang berada pada skala 4,20 – 5,00; (3) Hubungan antara keduanya adalah: (a) Koefisien korelasinya senilai 0,63 yang termasuk pada interval koefisien 0,63 – 0,799 dengan interpretasi pada tingkat kuat; (b) Hipotesisnya diterima yakni terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, berdasarkan uji hipotesis yang menunjukkan nilai ttabel senilai 2,00404 dan thitung senilai 5,99 yang menghasilkan thitung > ttabel; (c) Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 22%, artinya bahwa 78% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; kauny quantum memory; motivasi belajar; PAI;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lanny Nurfadillah
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:04
Last Modified: 06 Sep 2019 07:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item View Item