Pembuatan dan karakterisasi komposit carbon nanotubes (CNT)/starch

Yono, Ahmad (2018) Pembuatan dan karakterisasi komposit carbon nanotubes (CNT)/starch. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy

Abstract

Plastik biodegradasi adalah plastik yang dapat digunakan seperti layaknya plastik konvensional, namun akan hancur terurai oleh aktivitas mikroorganisme menjadi air dan karbondioksida setelah habis terpakai dan dibuang ke lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mampu membuat, mengetahui dan mengkarakterisasi komposit carbon nanotubes (CNT)/starch. Serta mengetahui tahapan – tahapan yang dilakukan untuk mengkarakterisasi struktur tersebut. Karakterisasi yang dilakukan, meliputi: kontak angle, uji densitas, uji tarik, uji DTG-TGA, uji SEM dan uji konduktivitas. Komposisi yang dipakai dalam percobaan ini yaitu, pati ditambah dengan gliserol dengan perbandingan 3 : 1. Untuk penambahan kandungan CNT nya sendiri bervariasi, mulai dari 0%, 0,1%, 0,25%, 0,5%, 0,75%, 1%. Pada pengujian kontak angle, data grafik menunjukan semakin banyak kandungan CNT nya maka, sempel itu bersifat hidrofobik. Permukaan dengan sudut kontak lebih dari 90° cenderung diklasifikasikan sebagai hidrofobik sedangkan sempel dengan sudut kontak kurang dari 90° adalah hidrofilik. Pada pengujian densitas, dari data yang diperoleh nilai rata-rata densitas terbesar terdapat pada kandungan CNT 0,5% yaitu sebesar 1,4732 g/ml sedangkan untuk nilai densitas terendah terdapat pada kandungan CNT 0,1% yaitu sebesar 1,3459 g/ml. Pada pengujian SEM, pada kandungan CNT 0,1% terlihat bahwa tidak terlalu banyak retakan pada perbesaran 500x, 1000x, maupun 3000x. Dari hasil gambar penampang lintang diatas terlihat strukturnya halus dan rata. Variasi bahan pertama pada pengujian tarik dengan tanpa kandungan CNT memiliki nilai rata-rata 5,1815 Mpa, sedangkan untuk variasi bahan yang mengandung CNT akan mengalami penurunan nilai. Sedangkan untuk nilai standar deviasinya dimulai dari kandungan carbon nanotubes 0% sampai dengan yang tertinggi 1% CNT. Berdasarkan analisis sifat termal dengan alat TG 209 Fi Lybra maka selanjutnya dapat diperoleh termogram DTG dan TG. Penurunan masa terbesar terdapat pada CNT 0,5%, dengan masa terdekomposisi sebesar 64,11% pada suhu 299,80C. Berdasarkan data pada pengujian konduktivitas didapat nilai tertinggi ada di K4 atau variasi 0,5% CNT, sedangkan nilai terkecil terdapat di K6 atau variasi 1% CNT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Carbon Nanotubes (CNT); Starch; Pengujian Kontak Angel; Pengujian Densitas; Uji Tarik (tensile strenght); Pengujian SEM; Pengujian DTG-TGA; Pengujian Konduktivitas;
Subjects: Physics
Physics > Data Processing and Analysis of Physics
Applied Physics
Applied Physics > Pressing, Impressing, Molding Equipment
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Ahmad Yono
Date Deposited: 09 Sep 2019 01:41
Last Modified: 09 Sep 2019 01:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23501

Actions (login required)

View Item View Item