Terapi muhasabah diri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 6 Bandung

Zahra, Neng Syifa (2019) Terapi muhasabah diri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMKN 6 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar, yang ditandai dengan kurangnya tingkat kehadiran siswa, rendahnya kedisiplinan belajar, hasil belajar dibawah rata-rata, rendahnya minat dalam mengikuti pembelajaran serta tidak mempunyai tujuan dalam belajar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan terapi muhasabah sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi intrinsik. Dengan muhasabah diharapkan para siswa dapat melakukan autokritik terhadap perbuatan-perbuatan yang sudah dilakukannya sehingga ada perbaikan kedepannya. Terapi Muhasabah diri adalah salah satu teknik dalam konseling sufistik dimana klien diajak merenungkan dan berintrospeksi diri dari apa yang sudah diperbuatnya. Muhasabah merupakan cara yang digunakan dalam membantu menuju kehidupan yang ihsan. Terapi muhasabah diri juga dapat membangkitkan motivasi intrinsik individu. Motivasi intrinsik merupakan dorongan yang berasal dari dalam diri manusia. Fungsi motivasi dalam proses belajar adalah untuk membangkitkan atau mendorong individu dalam proses belajar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-eksperimental One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas X Jurusan TPM SMKN 6 Bandung dengan jumlah populasi 146 siswa. lalu diberikan angket pretest (tes awal) dan terdapat 44 siswa yang mendapatkan hasil dibawah nilai rata-rata (Mean) sebesar 89,98 yang selanjutnya akan diberikan treatment berupa terapi muhasabah diri. Uji validitas dan reliabilitas angket menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Pengujian hipotesis menggunakan Statistik NonParametris yaitu dengan Uji Wilcoxon karena hasil data bersifat tidak normal. Hasil penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) Kondisi motivasi belajar siswa di kelas X TPM cenderung masuk pada kategori sedang, 2) Proses terapi muhasabah diri menggunakan langkah-langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment / terapi, evaluasi dan terakhir follow up. 2) Pengaruh terapi muhasabah diri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Kelas X TPM SMKN 6 Bandung karena terdapat kenaikan sebesar 24% dari hasil rata-rata angket pretest 68,13 ke nilai rata-rata angket posttest 84,79. Berdasarkan hasil uji wilcoxon nilai signifikansi pretest dan posttest kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi muhasabah; motivasi belajar; pretest-posttest;
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Neng Syifa Zahra
Date Deposited: 10 Sep 2019 02:35
Last Modified: 10 Sep 2019 02:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23554

Actions (login required)

View Item View Item