Implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih: Quasi eksperimen di kelas VIII MTs As-sa'adah Kabupaten Sumedang

Syifaunajah, Ana (2019) Implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif mata pelajaran fiqih: Quasi eksperimen di kelas VIII MTs As-sa'adah Kabupaten Sumedang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (612kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik yang masih berkategori rendah, hal tersebut karena pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional yang berpusat pada pendidik sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik. Dengan demikian, perlu adanya inovasi pembelajaran yang dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik mata pelajaran Fiqih yaitu dengan menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: a) Implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dalam pembelajaran Fiqih. b) Perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional, c) Perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dengan peserta didik yang menggunakan metode konvensional dan d) Tanggapan peserta didik terhadap implementasi pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada mata pelajaran fiqih. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teoretis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran Fiqih adalah dengan diterapkannya pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen ini adalah jenis nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII di MTs As-sa’adah Kabupaten Sumedang. Teknik pengambilan sampelnya 31 orang untuk kelas eksperimen, dan 30 orang untuk kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini terdiri atas observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji statistik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih di kelas eksperimen dengan menerapkan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dapat meningkatkan motivasi belajar sebesar 81,03%, sementara di kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional diperoleh hasil 56,20%. Setelah menganalisis hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar, kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 86,35, dan kelas kontrol sebesar 67,83. Sedangkan tanggapan peserta didik terhadap penerapan pembelajaran berbaiss kecerdasan majemuk menunjukkan kualifkasi positif dengan nilai 74,11 dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Kecerdasan Majemuk; Motivasi Belajar;
Subjects: Psychology > Education of Psychology
Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Ana Syifaunajah
Date Deposited: 10 Sep 2019 01:44
Last Modified: 13 Sep 2019 07:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item