Metode pembinaan agama dalam membentuk akhlakul karimah anak jalanan : studi deskriptif di pesantren anak jalanan At-Tamur Jl. Cibiruhilir Desa Cibiruhilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Saepudin, Usup (2017) Metode pembinaan agama dalam membentuk akhlakul karimah anak jalanan : studi deskriptif di pesantren anak jalanan At-Tamur Jl. Cibiruhilir Desa Cibiruhilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)

Abstract

Fenomena merebaknya anak jalanan di Indonesia merupakan persoalan sosial yang komplek. Hidup menjadi anak jalanan memang bukan merupakan pilihan yang menyenangkan, karena mereka berada dalam kondisi yang tidak memiliki masa depan yang cerah dan jelas. Keberadaan mereka tidak jarang menjadi masalah bagi masyarakat dan negara. Termasuk masyarakat sering kali terganggu dengan akhlak anak jalanan yang dinilai kurang baik. Dengan demikian untuk mengurangi masalah yang ditimbulkan oleh anak jalanan maka diperlukan adanya metode pembinaan agama bagi anak jalanan. Pesantren anak jalanan At-Tamur adalah lembaga yang membina anak jalanan agar kembali kepada poros keagamaan-nya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Metode pembinaan agama apa yang digunakan dalam membentuk akhlak terhadap anak jalanan di pesantren At-Tamur. 2) Hasil dari metode pembinaan agama. 3) Faktor pendukung dan penghambat proses pembinaan akhlak. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa metode pembinaan agama merupakan salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk memecahkan masalah dengan memberikan pembinaan kepada orang yang mengalami kesulitan, yang menyangkut kehidupan sekarang maupun kehidupan yang akan datang. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan, studi literatur, dokumentasi, dan selanjutnya melakukan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode pembinaan agama dalam membentuk akhlak bagi anak jalanan di pesantren anak jalanan At-tamur adalah dengan menggunakan metode aqliyah, ruhiyah dan badaniyah. Metode aqliyah mencakup kegiatan sekolah, kuliah dan pengajian. Metode ruhiyah mencakup kegiatan shalat lima waktu, berdzikir dan berdoa bersama. Metode badaniyah mencakup kegiatan olahraga, pola hidup sehat, menjaga kebersihan, cara berpakaian sopan dan disiplin. Adapun faktor pendukungnya adanya tempat yang mendukung, adanya donatur, adanya semangat dan kerjasama antara pembimbing dan anak jalanan untuk melakukan pembinaan. Adapun faktor penghambatnya kurangnya biaya, susah mengajak anak jalanan untuk tinggal di asrama dan menyesuaikan jadwal kegiatan pembinaan dengan kesibukan mereka. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembinaan agama dalam membentuk akhlak terhadap anak jalanan di pesantren At-tamur berhasil. Hal ini ditunjukan beberapa santri yang mengalami perubahan Tetapi belum sepenuhnya karena masih kurang pembinaan dari segi ruhiyahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembinaan agama; akhlak qarimah; konseling; bimbingan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 10 Sep 2019 03:52
Last Modified: 10 Sep 2019 03:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23584

Actions (login required)

View Item View Item