Pengaruh model pembelajaran core terhadap motivasi dan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh: penelitian di MTs Persis 24 Rancaekek Kab. Bandung

Mahmudin, Samud (2018) Pengaruh model pembelajaran core terhadap motivasi dan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh: penelitian di MTs Persis 24 Rancaekek Kab. Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. covernya.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5. Bab I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB III)
7. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (BAB IV)
8. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi siswa dan kreatifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran fiqh di Kelas IX Mts Persis 24 Rancaekek kurang baik, hal ini terlihat dari kurangnya perhatian terhadap materi yang diajarkan, bercanda, sikap acuh dan apriori terhadap pelajaran yang diterimanya. Permasalahan ini diduga karena faktor model pembelajaran yang digunakannya masih bersifat konvensional yang ditandai dengan kurang kreatifnya guru dalam mengolah pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan, perbedaan, pengaruh dan pengevaluasian model pembelajaran Core pada mata pelajaran Fiqh di kelas IX MTs Persis 24 Rancaekek-Bandung. Penelitian ini bertolak pada kajian teoretis yang menyatakan bahwa dengan model pembelajaran Core merupakan model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dalam membangun pengetahuannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non- equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas Kelas IX Mts Persis 24 Rancaekek Bandung. Dengan Simple Random Sampling yaitu kelas IX A kelas eksperimen dan kelas IX B kelas kontrol dengan masing-masing sampel berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket, teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil dari penelitian ini, : 1) Pelaksanaan model pembelajaran Core yang dilakukan di kelas eksperimen dan kontrol terlihat dinamis. Hal ini adanya keterlibatan siswa dalam melaksanakan pembelajaran mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dengan nilai rata-ratanya 94,81% termasuk kategori sangat baik karena berada pada interval 84% - 100% 2) Dari data hasil pretest dan posttest motivasi dan kreatifitas baik kelas ekperimen atau kontrol dengan menggunakan pembelajaran tipe Core mempunyai rerata yang jauh lebih tinggi kenaikannya dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional 3) . Pengaruh hasil motivasi berdistribusi normal dan homogen dengan analisis t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,025 (0,000 < 0,025) dan t-hitung = 6.05 dan t-tabel = 1.44 (6.05 > 1.44) maka H0 ditolak atau Ha diterima, artinya ada perbedaan signifikan antara motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Core dengan motivasi belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Core. Kemudian analisis t-test tentang kreatifitas siswa dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai α sebesar 0,025 (0,000 < 0,025) dan t-hitung = 2.93 dan t-tabel = 1.44 (2.93 > 1.44) maka H0 ditolak atau Ha diterima, ada perbedaan signifikan antara Kreatifitas siswa yang menggunakan kooperatif tipe Core dengan Kreatifitas siswa tanpa menggunakan penerapan model kooperatif tipe Core.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran core; motivasi; kreatifitas belajar
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi PAI
Depositing User: Empud Syaripudin
Date Deposited: 10 Sep 2019 07:51
Last Modified: 10 Sep 2019 07:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23599

Actions (login required)

View Item View Item