Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian Pada Siswa Kelas IX A MTs Al-Mukhtar Kabupaten Bandung

Assidieq, Muhtadin (2019) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah: Penelitian Pada Siswa Kelas IX A MTs Al-Mukhtar Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di MTS Al-Mukhtar Kabupaten Bandung bahwa pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman sangat baik, hal ini dapat dilihat dari prestasi belajarnya yang mencapai nilai rata-rata diatas KKM hampir 80% siswa mencapai target tersebut, akan tetapi sebagian siswa akhlaknya masih rendah (Kurang baik). Hal ini dapat dilihat dari prilaku berinteraksi dengan guru ataupun teman, suka berkata kasar dalam berprilaku dan bersikap negatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pemahaman siswa terhadap materi adab dan bergaul dengan saudara dan teman (2) Akhlak siswa di MTs Al-Mukhtar Kabupaten Bandung (3) Pemahaman siswa terhadap materi adab dan bergaul dengan saudara dan teman hubungannya dengan akhlak di MTs Al-Mukhtar Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasari pada suatu pemikiran bahwa pemahaman yang dimiliki inidividu terhadap sesuatu khususnya materi adab bergaul dengan saudara dan teman akan berdampak pada prilakunya, dengan kata lain akhlak/prilaku yang dilakukannya dalam menjalani interaksi baik dengan gusti Allah, hubungan sesama manusia, alam ataupun diri sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi yaitu penelitian yang berusaha melihat ada atau tidaknya hubungan antara variabel X (pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul terhadap saudara dan teman) dan variabel Y (akhlak) dengan menggunakan alat pengumpulan data: Observasi, Dokumentasi, Angket dan Tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul terhadap saudara dan teman adalah berkategori sangat baik dengan nilai 83.80. Artinya Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul terhadap saudara dan teman berkategori sangat baik karena berada pada interval 80-100. (2) Akhlak siswa di MTs Al-Mukhtar Kabupaten Bandung diperoleh angka 3.69. Angka tersebut berkategori tinggi karena berada pada interval 3.40-4.19, artinya akhlak siswa berkategori tinggi. (3) Hubungan pemahaman siswa pada materi adab bergaul dengan saudara dan teman dan akhlak siswa diperoleh angka koefisien korelasi 0.41 yang berkategori sedang karena berada pada interval 0.40-0.70. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis, diketahui thitung sebesar 1.906 dan ttabel sebesar 0.444. Dari hasil tersebut terbukti bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Dalam keadaan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat hubungan positif antara pemahaman terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman terhadap akhlak pada siswa di MTs Al-Mukhtar Kabupaten Bandung. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman dengan akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Adab Bergaul; Akhlak Siswa;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhtadin Assidieq
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:08
Last Modified: 12 Sep 2019 03:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23689

Actions (login required)

View Item View Item