Tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad Saw hubungannya dengan motivasi belajar siswa: Penelitian di kelas VII MTs Persis no. 3 Pameungpeuk Kabupaten Bandung

Nurhasanah, Nurhasanah (2012) Tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad Saw hubungannya dengan motivasi belajar siswa: Penelitian di kelas VII MTs Persis no. 3 Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB I - BAB IV)
4_bab1sd4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran SKI materi Sejarah Nabi Muhammad SAW dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupunfaktor eksternal. Penelitian ini mengkaji hubungan antara tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW dengan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW hibungannya dengan motivasi belajar siswa. Permasalahan di atas diangkat berdasarkan asumsi yang menyatakan bahwa tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW berpengaruh besar terhadap motivasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan semakin positif tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dianggap cocok untuk menggali, mengucapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi dimasa sekarang. Populasinya 41 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 41 orang siswa, disebut sampel purposive karena ditentukan langsung yaitu Kelas VII MTs Persis No. 3 Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, angket dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis parsial dan analisis korelasional karena data yang diperoleh bersifat normal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa realitas tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW diperoleh nilai rata-rata 3,89. Angka tersebuttermasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5 – 4,5. Sedangkan realitas motivasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 3,86. Angket tersebut termasuk kategori tinggi, karena berada pada interval 3,5 – 4,5. Hubungan antara tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi sejarah Nabi Muhammad SAW dengan motivasi belajar siswa diperoleh nilai 0,53. Angka tersebut termasuk kategori sedang, jika mengacu pada pendapat Sudjana (2005: 67) karena pada interval 0,41 – 0,60. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh t hitung 3,09 > t tabel 1,696. Kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 16% artinya dapat diketahui ada korelasi antara tanggapan siswa terhadap kreativitas guru dalam pembelajaran SKI materi Sejarah Nabi Muhammad SAW dengan motivasi belajar siswa – berarti juga – sebesar 84% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Guru; Sejarah Kebudayaan Islam; Nabi Muhammad SAW; Motivasi; Belajar; Siswa;
Subjects: Islam > Muhammad the Prophet
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:10
Last Modified: 11 Mar 2019 04:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item