Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandung tentang penyelenggaraan perlindungan anak: Studi kasus terhadap anak jalanan pada Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung

Azid, Mochamad Dian Abdul (2019) Implementasi Peraturan Daerah Kota Bandung tentang penyelenggaraan perlindungan anak: Studi kasus terhadap anak jalanan pada Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Implementasi kebijakan publik merupakan salah satu faktor penentu dalam penerapan program kebijakan yang telah ditetapkan. Penerapan kebijakan publik ini menjadi tolak ukur dan dilaksanakan oleh instansi termasuk Dinas Sosial dan Penggulangan Kemiskinan Kota Bandung dalam menangani dan melindungi permasalahan sosial seperti anak yang hidup di jalan, yang bisa disebabkan karena penelantaran oleh orangtua, salah pegaulan maupun krisis ekonomi yang melanda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan perlindungan terhadap anak jalanan pada Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. Selain itu juga penulis dapat mengetahui hambatan-hambatan implementasi perlindungan terhadap anak jalanan di Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung. Kerangka berfikir yang dibuat dalam penelitian ini menggunakan teori George C. Edwards III dalam Mulyadi (2016:69), indikator dalam implementasi suatu kebijakan publik perlindungan anak yang hidup di jalanan mencakup empat unsur yaitu, (1) Komunikasi, (2) Sumberdaya, (3) Disposisi, (4) Struktur Birokrasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model metode interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan perlindungan anak jalanan sudah baik dengan adanya program-program yang dicanangkan maupun yang terlaksana. Sedangkan hambatan dari kebijakan perlindungan anak di Kota Bandung terbagi menjadi 2 (dua), yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal: kekurangan Sumberdaya Manusia dan Sumber Anggaran. Sedangkan faktor eksternal: faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor lokasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan Perlindungan Anak; Anak Jalanan;
Subjects: Political dan Government Science
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: M Dian Abdul Azid
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:32
Last Modified: 16 Sep 2019 02:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item