Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Materi Akhlak Terpuji:Penelitian Quasy Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII-E SMP N 54 Bandung

Faujiah, neneng nita dinda (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Materi Akhlak Terpuji:Penelitian Quasy Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII-E SMP N 54 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP N 54 Bandung, penulis mendapat informasi bahwa penerapan metode-metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik disana dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Hanya saja dari segi memilih metode yang masih berorientasi pada guru, sehingga tidak membuat siswa banyak beraktivitas didalam kelas.Kondisi seperti ini ternyata membuat siswa lebih bersifat pasiv dan monoton.Bahkan dalam perilaku aktivitas mereka yang bersifat pasiv, masih banyaknya nilai dibawah 75. Hal ini berdasarkan ketetapan standar KKM yaitu 75.Hal inilah yang menyulut keingintahuan penulis untuk melaksanakan penelitian dengan menggunakan metode yang berbeda dari sebelumnya serta keadaan yang ada di SMP N 54 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Realitas Hasil Belajar Siswa Sebelum Menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya di SMP N 54 Bandung; 2) Realitas Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak Terpuji di kelas VIII-E SMP N 54 Bandung; 3) Realitas Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Materi Akhlak Terpuji Kelas VIII-E SMP N 54 Bandung setelah menggunakan metode Tutor Sebaya. Hasil Belajar secara teori merupakan bukti keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengalami proses belajar.Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar diantaranya ada faktor ekstern yang mempengaruhi hasil belajar yaitu metode mengajar.Melalui metode Tutor Sebaya diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan teori bahwa kelebihan dari penggunaan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan kerja keras, berkurangnya kesenjangan antara siswa yang berprestasi dengan siswa yang kurang berprestasi, menanamkan keterampilan sosial saling membantu, dan toleransi, dalam menyelesaikan soal bersama. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Quasy Eksperimen dengan desain One grouf pretest-postest design.Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan studi pustaka.Analisis data yang digunakan untuk data ini adalah data kualitatif berdasarkan analisis logika dan data kuantitatif berdasarkan pendekatan statistik. Hasil penelitian menunjukan ; 1)Realitas Hasil Belajar Siswa Sebelum menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya. Hal ini berdasarkan nilai tes awal mendapatkan nilai rata-rata 72,5 dengan kategori dibawah standar KKM yaitu 75. 2) Realitas penerapan metode pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran PAI materi akhlak terpuji kelas VIII-E SMP N 54 Bandung, terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil observasi memperoleh 81%. 3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi akhlak terpuji setelah menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya yaitu mendapatkan nilai rata-rata 80,71 dengan peningkatan sebesar 0,36.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya; Hasil Belajar; pendidikan; pengajaran
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: neneng nita dinda faujiah
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:08
Last Modified: 20 Sep 2019 02:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23808

Actions (login required)

View Item View Item