Pengaruh sistem pengendalian internal terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Kota Bandung

Rosmiyanti, Aliya (2019) Pengaruh sistem pengendalian internal terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang ditemui pada penelitian awal yaitu menurunnya tingkat efektivitas pengelolaan keuangan di Badan Pengelolaan Keuangan Aset Kota Bandung diduga karena lemahnya sistem pengendalian internal. Hal ini dapat terlihat dari masih adanya temuan BPK terkait masalah sistem pengendalian internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sistem pengendalian internal terhadap efektivitas pengelolaan keuangan daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Kota Bandung. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu sistem pengendalian internal sebagai variabel independen (X) dan Pengelolaan Keuangan Daerah sebagai variabel dependen (Y). penulis menggunakan teori sistem pengendalian internal dari Mulyadi yang terdiri dari lima dimensi, yaitu : lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, informasi dan komunikasi, aktivitas pengendalian dan pemantauan. Sedangkan untuk variabel pengelolaan keuangan daerah penulis menggunakan teori dari Abdul Halim dan Muhammad Iqbal yang terdiri dari lima dimensi, yaitu : akuntabilitas, value for money, kejujuran, transparansi dan pengendalian. Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan penyebaran kuesioner kepada 38 responden. Pengujian statistic yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapat bahwa lingkungan pengendalian berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah, penaksiran risiko berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah, informasi dan komunikasi berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah, aktivitas pengendalian berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah dan pemantauan tidak berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan daerah. Artinya terdapat pengaruh sistem pengendalian internal terhadap efektivtas pengelolaan keuangan daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Kota Bandung. Adapun persentase sumbangan pengaruh sistem pengendalian internal terhadap efektivtas pengelolaan keuangan daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan Aset Kota Bandung sebesar 62.1% dan sisanya sebesar 37.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem pengendalian internal; peengelolaan keuangan daerah;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: aliya rosmiyanti
Date Deposited: 16 Sep 2019 06:51
Last Modified: 16 Sep 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23819

Actions (login required)

View Item View Item