Efektivitas Pembelajaran Tiga-TA (Tahfidz Tafhim Tabligh) terhadap kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah: Penelitian pada santri Pesantren Tafsir Al-Quran Husainiyah Cicalengka kabupaten Bandung

Arief, Muhamad (2019) Efektivitas Pembelajaran Tiga-TA (Tahfidz Tafhim Tabligh) terhadap kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah: Penelitian pada santri Pesantren Tafsir Al-Quran Husainiyah Cicalengka kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kegiatan pembelajaran Tiga-TA (Tahfidz Tafhim, Tabligh) yang menyatukan konsep hafalan Al-Quran, pemahaman terhadap Al-Quran sampai pada pengamalan Al-Quran yang nantinya dapat mempengaruhi pada kemampuan dakwah santrinya. Sebab hari ini generasi muda sudah mulai banyak yang menggemari dunia dakwah baik dalam dakwah bil lisan ataupun dakwah melalui tulisan khususnya di pesantren tafsir Al-Quran Husainiyah yang berusaha mencetak generasi-generasi dakwah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Realitas pembelajaran Tiga-TA, (2) Realitas kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah, (3) Realitas hubungan antara pembelajaran Tiga-TA dengan kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa kemampuan dakwah santri dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dengan pembelajaran Tiga-TA (Tahfidz Tafhim Tabligh). Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh pembelajaran Tiga-TA terhadap kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat ada atau tidaknya pengaruh variabel X (Pembelajaran Tiga-TA (Tahfidz, Tafhim, Tabligh) terhadap variabel Y (Kemampuan Dakwah Santri pada Kegiatan Muhadharah). Dalam penelitian ini menggunakan pengambilan data berupa observasi, wawancara dan angket untuk masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Realitas pembelajaran Tiga-TA (Tahfidz, Tafhim, Tabligh) berkategori cukup. Hal ini berdasarkan nilai meannya yaitu 48,45, jika dibagi oleh 15 item soal maka diperoleh 3,23 yang berada pada skala 2,60-3,39. (2) Realitas kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah berkategori cukup. Hal ini berdasarkan nilai meannya yaitu 44,73, jika dibagi oleh 15 item soal maka diperoleh 2,98 yang berada pada skala 2,60-3,39. (3) Realitas efektivitas pembelajaran Tiga-TA (Tahfidz, Tafhim, Tabligh) terhadap kemampuan dakwah santri pada kegiatan muhadharah di Pesantren Tafsir Al-Quran Husainiyah dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari: (a) Hasil perhitungan koefisien korelasi 0,85, angka tersebut dapat diinterpretasikan termasuk pada korelasi tinggi karena berada pada interval 0,70 – 0,90. (b) Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa hipotesisnya diterima, berdasarkan hasil thitung (12,96) > ttabel (2,76). Artinya ada hubungan positif antara variabel X dan variabel Y. (c) pembelajaran Tiga-TA ini juga memberikan efektivitas 72% terhadap kemampuan dakwah santri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tahfidz; Tafhim; Tabligh;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Arief
Date Deposited: 16 Sep 2019 01:46
Last Modified: 16 Sep 2019 01:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23824

Actions (login required)

View Item View Item