Peran kepemimpinan ketua DKM dalam meningkatan kinerja staf: Studi deskriptif tentang kepemimpinan Ir. H. Abdul Azis HN, S.T di DKM Masjid Besar Al-Mukarromah Cikarang-Bekasi

Lutpiyah, Evi (2019) Peran kepemimpinan ketua DKM dalam meningkatan kinerja staf: Studi deskriptif tentang kepemimpinan Ir. H. Abdul Azis HN, S.T di DKM Masjid Besar Al-Mukarromah Cikarang-Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (459kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy

Abstract

Masjid adalah tempat beribadah bagi umat islam, Masjid sering disebut Baitullah (rumah Allah) yaitu bangunan yang didirikan sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah SWT. Fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga harus dimaknai dalam berbagai dimensi kehidupan. Masjid Besar Al-Mukarromah memiliki Visi Menjadikan masjid sebagai sentra peribatan dan pemberdayaan umat islam sehingga dapat terwujud menjadi masjid yang makmur. Dari hal tersebut tidak akan terlepas akan perannya sosok pemimpin yang mengatur dan mengelola Masjid Besar Al-Mukarromah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik kepemimpin ir. H. Abdul azis HN, S.T, mengetahui pola perencanaan ir. H. Abdul azis HN, S.T dalam meningkatkan kinerja staf, dan mengetahui pengawasan ir. H. Abdul azis, HN, S.T dalam upaya meningkatkan kinerja staf. Suatu unit organisasi pemerintahan atau kemasyarakatan selalu mengharapkan sosok pemimpin yang baik agar setiap pelaksanaan tugasnya dapat berjalan secara efektif dan efisien. Serta dapat mencapai tujuannya sesuai dengan keinginannya. Dimana tujuan adalah suatu masalah bagaimana mempersatukan tujuan-tujuan para anggotanya menjadi tujuan bersama. Untuk meningkatkan kinerja staf tentu itu tidak lepas dari pengaruh pola kepemimpinan yang diterapkan oleh pemimpin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yaitu untuk menganalisis dan memotret situasi sosial proses Kepemimpinan Ir. H. Abdul Azis HN, S.T di DKM Masjid Besar Al-Mukarromah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ir. H. Abdul Azis HN, S.T selaku ketua DKM Masjid Besar Al-Mukarromah dalam memimpin beliau memiliki karakter kepemimpinan yang demokratis. Ir. H. Abdul Azis HN, S.T telah menjalankan semua program sesuai dengan tugas-tugas yang telah diamanahkan. Dalam proses perencanaan yang dijalankan oleh Ir. H. Abdul Azis HN, S.T dari segi bidang idaroh, imaroh dan ri’ayah setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang baik para pengurus dimasjid besar al-mukarromah mengerjakan semuanya dengan tanggungjawab dan bekerjasama. Dan dalam pengawasan terhadap pengurus pun berjalan dengan baik seperti memantau seluruh aktivitas yang dilaksanakan oleh para staf pengurus, mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dikerjakan, dan memimpin setiap rapat. Maka dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan memiliki pengaruh yang besar dalam pencapaian tujuan organisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan; Kinerja Staf;
Subjects: Social Process > Leadership
Labor Economics > Conditions of Employment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Evi Lutpiyah
Date Deposited: 16 Sep 2019 03:32
Last Modified: 16 Sep 2019 03:32
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23825

Actions (login required)

View Item View Item