Pemanfaatan metode TOPSIS untuk menentukan pemain inti bola basket UIN SGD Bandung

Nugraha, Trifan Ghani (2019) Pemanfaatan metode TOPSIS untuk menentukan pemain inti bola basket UIN SGD Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

FABBIS adalah organisasi yang mengelola Tim Bola Basket Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung sehingga FABBIS mempunyai kewajiban untuk mengembangkan, menggunakan dan memelihara pemain bola basket dalam kualitas dan kuantitas yang tidak banyak berubah. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan pada organisasi FABBIS, penyeleksian pemain dan pemilihan penempatan posisi pemain yang ideal untuk masuk menjadi tim inti masih dilakukan oleh pelatih secara manual. Kendala yang masih dialami biasanya pelatih belum bisa menilai pemain secara objektif. Proses pengambilan keputusan di dalam menentukan peran pemain masih mengandalkan insting pelatih saja. Dari latar belakang tersebut penulis mengambil rumusan masalah bagaimana membangun sistem pendukung keputusan untuk menentukan pemain yang layak secara objektif untuk masuk menjadi pemain inti berbasis Android. Metode yang digunakan dalam aplikasi ini yaitu dengan Metode Technique of Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode TOPSIS ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu data setiap pemain yang akan mengikuti seleksi pemilihan pemain tim inti disimpan pada sebuah basis data. Data tersebut berupa kriteria-kriteria penilaian yang telah disebutkan sebelumnya. Dari data ini akan diproses melalui sistem pendukung keputusan menggunakan algoritma TOPSIS dan akan menghasilkan nilai setiap pemain. Sistem akan mengurutkan pemain yang memiliki nilai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Urutan pemain ini akan membantu pelatih untuk memilih siapa pemain yang masuk kedalam tim inti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: FABBIS; MCDM; Android; TOPSIS;
Subjects: Athletic and Outdoor Sports > Basketball
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Trifan Ghani Nugraha
Date Deposited: 17 Sep 2019 01:36
Last Modified: 17 Sep 2019 01:36
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item View Item