Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka di pangkalan SMA Negeri 1 Bojongmangu kabupaten Bekasi: Studi deskriptif di Gugus Depan 2339-2340 Padma Sweta- Rekta Sweta

Faujiah, Syifa (2013) Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kegiatan ekstrakulikuler pramuka di pangkalan SMA Negeri 1 Bojongmangu kabupaten Bekasi: Studi deskriptif di Gugus Depan 2339-2340 Padma Sweta- Rekta Sweta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (845kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Internalisasi nilai-nilai adalah sebuah proses atau cara menanamkan nilai-nilai normatif yang menentukan tingkah laku yang diinginkan bagi suatu sistem yang mendidik sesuai dengan tuntunan Islam menuju terbentuknya kepribadian muslim yang berakhlak mulia. Setiap sekolah memiliki ekstrakulikuler yang menjadi tempat atau wahana untuk mengembangkan minat, bakat peserta didik secara menyeluruh, termasuk Pramuka menjadi ekstrakulikuler andalan di SMA Negeri 1 Bojongmangu Kabupaten Bekasi. Pramuka merupakan salah satu ekstrakulikuler yang memiliki dasar, tujuan, kegiatan yang mendidik. Sehingga para anggota dibekali dengan keterampilan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki setiap individu. Para anggota memiliki dasar tambahan dalam kehidupan mereka selain dasar agama mereka juga memiliki kode kehormatan yaitu dasadarma dan trisatya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dasar dan tujuan nilai-nilai akhlak dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di Pangkalan SMA Negeri 1 Bojongmangu Kabupaten Bekasi (2) untuk mengetahui bentuk dan jenis kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di Pangkalan SMA Negeri 1 Bojongmangu Kabupaten Bekasi (3) untuk mengetahui Internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka di Pangkalan SMA Negeri 1 Bojongmangu Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif. Teknik pengumpul datanya dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya dilakukan pemerosesan satuan, katagorisasi dan penafsiran data. Menentukan uji keabsahan data menggunakan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, kecukupan referensi, kajian kasus negatif, pengecekan anggota, uraian rinci, audit kebergantungan, audit kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota Pramuka di Gudep 2339-2340 Ambalan Padma Sweta- Rekta Sweta Pangkalan SMA Negeri 1 Bojongmangu Kabupaten Bekasi baik dalam program maupun keseharian mereka mengutamakan pembelajaran peneladanan yang dilakukan oleh Pembina dan steakholders, dan guru-guru yang memiliki tanggung jawab dalam pembentukan setiap peserta didik dan pembiasaan akhlak yang baik yang memang diajarkan semua Agama terutama agama Islam yang sudah tercantum jelas dan tertulis dalam Al-Quran serta Sunnah sebagai pedoman hidup manusia yang sudah jelas kebenarannya, dan tercantum pula dalam kode kehormatan Gerakan Pramuka yaitu dasadarma dan trisatya yang merupakan ukuran dan standar tingkah laku, sifat dan akhlak anggota Gerakan Pramuka. Sehingga sebagai anggota ekstrakulikuler pramuka para anggota memiliki tambahan asas atau dasar dalam menjalani kehidupan mereka sebagai manusia dan insan kamil di muka bumi yang harus mereka pegang dengan teguh dan mereka amalkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akhlak; Ekstrakulikuler; Pramuka
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:25
Last Modified: 09 Jul 2019 06:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item