Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi active learning tipe poster session pada mata pelajaran ipa tentang organ tubuh manusia : penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V di MI Darul Hufadz

Sa'diah, Anna Siti (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi active learning tipe poster session pada mata pelajaran ipa tentang organ tubuh manusia : penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V di MI Darul Hufadz. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan yang terdapat pada mata pelajaran IPA di kelas V-B MI Darul Hufadz Jatinangor Kabupaten Sumedang, bahwa hasil belajar pada mata pelajaran IPA rata-rata belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM). Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher center) dan tidak berpusat pada siswa (student center). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik melalui strategi Active Learning tipe Poster Session pada mata pelajaran IPA tentang organ tubuh manusia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aktivitas peneliti dan aktivitas siswa ketika metode tersebut diterapkan. Penelitian ini didasarkan dalam kajian teoritis yang menyatakan bahwa metode yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa adalah dengan penerapan strategi Active Learning tipe Poster Session yang dirancang agar siswa mampu mengembangkan wawasan pengetahuaanya dalam bentuk gambar dan tulisan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V-B MI Darul Hufadz yang berjumlah 21 orang siswi perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar observasi aktivitas dan, tes. Berdasarkan hasil belajar siswa sebelum diterapkannya strategi Active Learning tipe Poster Session terbilang masih kurang yaitu dengan nilai rata-rata 66.7, dan ketuntasan belajar klasikalnya hanya mencapai 38%. Penerapan strategi Active Learning tipe Poster Session dalam pelaksanaannya mengalami peningkatan dalam aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa. Aktivitas guru pada Siklus I mencapai 79.68% kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 92.96% dengan predikat sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa pada Siklus I mencapai 82.13% kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 94.63% dengan predikat sangat baik. Hasil belajar siswa setelah diterapkannya strategi Active Learning tipe Poster Session juga mengalami peningkatan. Pada Siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 76.19%, kemudian meningkat pada Siklus II dengan persentase sebesar 95.23%. Dengan demikian, Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA tentang organ tubuh manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi active learning; hasil belajar; penelitian tindakan kelas; poster session
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Science for Elementary Education
Elementary Education > Historical, Geographic, Person Treatment of Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:41
Last Modified: 19 Sep 2019 02:41
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24015

Actions (login required)

View Item View Item