Proses interaksi masyrakat kota dalam mempertahankan integrasi sosial masyarakat : studi deskriptif pada Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung

Sustini, Eti (2017) Proses interaksi masyrakat kota dalam mempertahankan integrasi sosial masyarakat : studi deskriptif pada Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)

Abstract

Integrasi sosial yang terjadi pada masyarakat kota. Dimana pada masyarakat tersebut terdapat masyarakat kota yang bermentalitas desa. Yaitu masyarakat yang hidup diperkotaan akan tetapi kehidupannya seperti masyarakat desa pada umumnya. Sistem kekeluargaan serta gotong royong dalam masyarakat masih tumbuh, dan masyarakatpun sangat aktif dalam melaksanakan program kegiatan yang ada dimasyarakat. Sehingga dengan adanya program kegiatan tersebut terjalin hubungan sosial yang erat dalam masyarakat dan melahirkan solidaritas sosial antar sesama masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses interaksi sosial yang terjadi di Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung, disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui integrasi sosial yang terjadi di Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh Herbert Blumer. Menurutnya istilah interaksionisme simbolik ini menunjuk pada sifat khas dari interaksi antarmanusia. Kekhasannya adalah manusia saling menerjemahkan dan saling mendefinisikan tindakannya. Selain itu, penelitian ini Juga menggunakan teori struktural fungsional Talcott Parsons. Menurutnya masyarakat sebagai sistem sosial paling tidak harus memiliki fungsi imperative yang sekaligus merupakan karakteristik suatu sistem yang dikenal dengan sebutan AGIL Adaptation (adaptasi), Goal attainment (pencapaian tujuan), Integrations (integrasi), Latency (latensi atau pemeliharaan pola). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Yaitu metode yang dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan/ melukiskan keadaan objek penelitian pada saat sekarang, berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Jenis data dalam penelitian ini adalah jenis data kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan atau dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa proses adanya interaksi sosial yang terjadi di Kelurahan Isola Kecamatan Sukasari Kota Bandung yaitu Proses asosiatif. Dimana interaksi yang terjadi pada masyarakat Kelurahan Isola ini lebih mengarah kepada kerja sama yang mencakup tolong menolong antara sesama masyarakatnya. Sebuah Integrasi yang terjadi pada masyarakat di Kelurahan Isola ini tidak begitu saja terwujud, tetapi melalui berbagai proses sehingga tercapai integrasi sosial. Adapun proses integrasi sosial tersebut diantaranya yaitu melalui proses interaksi sosial. Bentuk integrasi sosial yang terjadi di kelurahan Isola ini adalah bentuk integrasi asosiasi (perkumpulan). Dimana masyarakat mengadakan suatu perkumpulan yang berupa program-program yang diadakan oleh masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan suatu integrasi yang kuat dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: integrasi sosial masyarakat; interaksi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:26
Last Modified: 19 Sep 2019 03:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item View Item