Dampak zikir terhadap kesehatan jiwa: Penelitian di Majlis Dzikir Al-Istiqomah Kampung Cikoloho Desa Cibitung Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi

Nurhayati, Elis (2019) Dampak zikir terhadap kesehatan jiwa: Penelitian di Majlis Dzikir Al-Istiqomah Kampung Cikoloho Desa Cibitung Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (966kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (952kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (952kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (952kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena saat ini banyak masyarakat Islam yang menganggap bahwa dengan berdhikir akan memperoleh kesehatan jasmani atau ruhani, dhikir juga dapat dijadikan sebagai terapi untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kecemasan, kegelisahan, ketakutan, frustasi dsb. Akan tetapi ada beberapa jama’ah yang ketika melakukan dhikir tidak berdampak baik terhadap kesehatan jiwanya. Penelitian ini berangkat karena adanya mengenai pemahaman terhadap masalah dhikir yang dianggap berdampak baik terhadap kesehatan jiwa. Maka tujuan dari di adakannya penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana dampak dhikir terhadap kesehatan jiwa yang dirasakan oleh jamaah majlis dhikir al-istiqomah, dhikir yang bagaimana yang berdampak baik terhadap kesehatan jiwa serta apa yang menjadikan kendala sehingga dhikir tersebut tidak berdampak baik terhadap kesehatan jiwa para jama’ah dhikir al-istiqomah yang bertempat di kp. Cikoloho desa cibitung kecamatan sagaranten. Langkah-langkah yang dilakukan penulis untuk memperoleh informasi mengenai dampak dhikir terhadap kesehatan jiwa yaitu melalui penelitian pertama yang dilakukan dengan pencarian data objektif dengan cara observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Kedua, melalui studi kepustakaan, yaitu penelaahan buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. Dari hasil penelitian dapat diketahui, bahwa dhikir yang berdampak baik terhadap kesehatan jiwa yaitu apabila dhikir tersebut dilakukan sesuai dengan ajaran islam dengan memenuhi persyaratan atau adab-adab yang harus dilakukan ketika mengamalkan dhikir, seperti dhkiir harus dilakukan dengan niat yang ikhlas, dhikir dilakukan ditempat yang bersih serta dilakukan dengan penuh keyakinan dan istiqomah dalam melakukan dhikir tersebut. Kesimpulan yang diperoleh setelah mengkaji hasil penelitian tentang masalah dampak dhikir diantaranya, dhikir yang dilakukan oleh jamaah dhikir al-istiqomah yaitu dhikir dengan mengucapkan kalimat-kalimat toyibah, memperbanyak bacaan solawat, serta istiqomah dalam melakukan ibadah-ibadah sunnah. Dhikir yang berdampak baik terhadap kesehatan jiwa apabila dhikir itu dilakukan dengan memenuhi persyaratan atau adab-adab saat melakukan dhikir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psychology > Experinmental Research
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: elis Nurhayati
Date Deposited: 27 Sep 2019 06:24
Last Modified: 27 Sep 2019 06:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24062

Actions (login required)

View Item View Item