Pemberdayaan Perempuan melalui PEKKA (Perempuan Kepala Keluarga) dalam meningkatkan Ekonomi Keluarga : Studi Deskriptif di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan pemberdayaan Masyarkat (KBP3APM) Kota Sukabumi

Nurgina, Siti (2019) Pemberdayaan Perempuan melalui PEKKA (Perempuan Kepala Keluarga) dalam meningkatkan Ekonomi Keluarga : Studi Deskriptif di Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan pemberdayaan Masyarkat (KBP3APM) Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (666kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Janda identik dengan perubahan status menjadi kepala keluarga dan otomatis menanggung kewajiban untuk mencari nafkah. Istilah ini sering kali dikenal dengan Perempuan Kepala Keluarga. Mereka harus memikirkan bagaimana caranya untuk terus menjalani kehidupan, mereka memilih untuk berbisnis atau berkarir. Dalam rangka memberikan modal dalam memperbaiki kehidupan mereka pemerintah pun hadir dan menawarkan kegiatan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka dan inilah yang disebut dengan program PEKKA (Perempuan Kepala Keluarga). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana latar belakang mengenai program PEKKA, pelaksanaan programnya dan hasil dari program PEKKA terhadap peningkatan ekonomi keluarga. Pemilihan teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. adapun teori yang digunakan adalah Teori Nature, Teori Nurture, Teori Feminisme, dan Teori Equality Gender serta memakai indikator ACTORS (authority, confidence and competence, trust, opportunity, responsibility, support) untuk mengetahui keberdayaan ekonomi anggota PEKKA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan penelitian secara deskriptif. Penelitian deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan masalah-masalah yang diteliti sesuai dengan apa adanya, yaitu tanpa ditambah dan dikurangi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang dari adanya program PEKKA di kota Sukabumi berawal dari diadopsinya program Komisi Nasional Perempuan. Namun di Kota Sukabumi program ini ditujukan untuk perempuan yang ingin berusaha dan berkembang untuk membantu penghasilan dalam keluarga baik perempuan yang berstatus janda atau yang masih memiliki suami dengan syarat tertentu. Pelaksanaan kegiatan berupa pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarganya. Dan hasil dari program PEKKA terhadap peningkatan ekonomi keluarga yaitu meningkatkan taraf hidup, membangun kesadaran kritis, dan terpenuhinya kebutuhan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan; Perempuan Kepala Keluarga; Ekonomi Keluarga;
Subjects: Social Groups > Groups
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: nurgina 8888
Date Deposited: 23 Sep 2019 06:52
Last Modified: 23 Sep 2019 06:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24073

Actions (login required)

View Item View Item