Efektivitas keluarga utama berakhlaqul karimah (KUBA) dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia: Studi Deskriptif di RW 09 Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur

Nisa, Mutiara (2019) Efektivitas keluarga utama berakhlaqul karimah (KUBA) dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia: Studi Deskriptif di RW 09 Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat di berbagai daerah saat ini tengah mengalami proses kemajuan, akibatnya masyarakat harus mengikuti berbagai kemajuan tersebut baik segi kebutuhan maupun gaya hidup, hal tersebut menjadi dasar Pemerintah dalam mengadakan suatu penerapan program di berbagai daerah, salah satunya yaitu program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur, Kampung Kuba. Program pemberdayaan kampung Kuba ini memiliki tujuan untuk memberdayakan serta menggali potensi masyarakat baik dibidang ekonomi Keluarga, kesenian bahkan yang membedakan dengan program di daerah lainnya adalah program kampung Kuba ini mengarahkan masyarakat untuk lebih taat beragama, hal itu pula yang menarik perhatian penulis untuk diteliti lebih dalam, pasalnya hal tersebut pula amat sangat berkaitan dengan studi penulis yakni pemberdayaan kepada masyarakat Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai program Kampung Kuba khususnya yang dilaksanakan di Kampung Andir RW 09 Desa Cibiuk, mengetahui proses-proses kegiatan yang berlangsung serta hasil yang didapat maupun dirasakan oleh masyarakat setelah berjalan lamanya program kampung Kuba di RW 09 Desa Cibiuk. Terdapat dua teori dalam penelitian ini yakni teori efektivitas serta teori pemberdayaan. Menurut Streers efektivitas dinilai menurut ukuran seberapa jauh sebuah organisasi berhasil mencapai tujuan yang layak dicapai sedangkan teori mengenai pemberdayaan menurut Jim Ife yakni pemberdayaan adalah memberikan sumber daya, kesempatan, pengetahuan, dan keterampilan kepada warga untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menentukan masa depannya sendiri dan berpartisipasi dalam memengaruhi kehidupan dari masyarakatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Adapun yang menjadi objek wawancara oleh peneliti terdiri dari Ketua Kampung Kuba RW 09, Ketua RW 09, serta masyarakat yang terlibat. Teknik analisis data yang digunakan adalah pencarian data, penyajian atau reduksi data (display) dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa program kampung Kuba di RW 09 adalah pemberdayaan untuk meningkatkan kerjasama, mengeratkan keakraban serta mendorong pemuda untuk lebih aktif, tujuan utamanya sendiri yakni untuk mewujudkan masyarakat berakhlaqul karimah.Tahapan-tahapannya meliputi sosialisasi awal, rembug warga hingga pelaksanaan kegiatan.Dalam pelaksanaan kegiatannya tidak lakukan secara resmi melainkan masyarakat diberikan penjelasan mengenai program melalui kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat seperti dalam forum pengajian misalnya.Hasil yang didapat yakni terdapat perubahan dimasyarakat seperti timbulnya efektivitas kerjasama seperti gotong royong meski perubahannya tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Efektivitas; Masyarakat berakhlaqul karimah.
Subjects: Humankind
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: mutiara mutiara nisa
Date Deposited: 23 Sep 2019 06:50
Last Modified: 23 Sep 2019 06:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24082

Actions (login required)

View Item View Item