Pengaruh jumlah kas dan aset tetap terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Toba Bara Sejahtera Tbk. Periode 2010-2018

Nafisah, Nur Fajri (2019) Pengaruh jumlah kas dan aset tetap terhadap total aset pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT. Toba Bara Sejahtera Tbk. Periode 2010-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Aset pada perusahaan merupakan bagian yang penting dan perlu dikelola dengan baik agar perusahaan mencapai tujuannya dan mendapatkan manfaat. Apabila perusahaan memiliki jumlah kas yang besar maka akan mencerminkan bahwa total aset yang dimili besar pula, begitupun apabila aset tetap besar maka total aset akan besar. Permasalahan akan muncul ketika jumlah kas dan aset tetap besar sedangkan total aset rendah ataupun sebaliknya, seperti yang terjadi pada PT. Toba Bara Sejahtera, Tbk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh jumlah kas secara parsial terhadap total aset PT. Toba Bara Sejahtera Tbk. 2) Pengaruh aset tetap secara parsial terhadap total aset PT. Toba Bara Sejahtera Tbk. 3) Pengaruh jumlah kas dan aset tetap secara simultan terhadap total aset PT. Toba Bara Sejahtera Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang di dapat dari laporan publikasi triwulan periode 2010-2018 PT. Toba Bara Sejahtera Tbk. di website http://www.tobabara.com/. Adapun teknik yang digunakan dalam penilian ini adalah Analisis Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Asosiatif Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pengaruh jumlah kas terhadap total aset secara parsial dalam perhitungan hasil analisis pengujian hipotesis disimpulkan bahwa thitung < ttabel (1,380 < 2,446), maka H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya jumlah kas positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap total pada PT. Toba Bara Sejahtera. Dari sisi manajemennya perusahaan telah melakukan kegiatan operasionalnya dengan baik terlihat pada hasil analisis koefisen determinasi yang cukup kuat sebesar 21,4%. Sedangkan dari sisi syariahnya dalam mengembangkan jumlah kas perusahaan mengunakan prinsip syariah. 2) Pengaruh aset tetap terhadap total aset secara parsial dalam perhitungan hasil analisis pengujian hipotesis disimpulkan bahwa thitung < ttabel (1,653 < 2,446), maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya aset tetap positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap total aset pada PT. Toba Bara Sejahtera. Dari sisi manajemennya perusahaan telah melakukan kegiatan operasionalnya dengan baik terlihat pada hasil analisis koefisen determinasi yang cukup kuat sebesar 28,1%. Sedangkan dari sisi syariahnya dalam mengembangkan aset tetap perusahaan mengunakan prinsip syariah. 3) Pengaruh jumlah kas dan aset tetap terhadap total aset secara simultan dalam perhitungan analisis pengujian hipotesis disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel (1,375 < 5,14), maka H0 diterima dan Ha ditolak. Artinya jumlah kas dan aset tetap positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap total aset pada PT. Toba Bara Sejahtera. Dari sisi manajemennya perusahaan telah melakukan kegiatan operasionalnya dengan baik terlihat pada hasil analisis koefisen determinasi yang cukup kuat sebesar 31,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jumlah kas; Aset Tetap; Total Aset;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Nur Fajri Nafisah
Date Deposited: 25 Sep 2019 02:42
Last Modified: 25 Sep 2019 02:42
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24090

Actions (login required)

View Item View Item