Hubungan pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 32 dengan sikap mereka yang benar terhadap perilaku pacaran: Penelitian pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi Bandung

Maulidina, Rizkya Aulia (2019) Hubungan pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 32 dengan sikap mereka yang benar terhadap perilaku pacaran: Penelitian pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa di satu sisi pemahaman siswa di SMA Karya Budi terhadap Q.S Al-Isra ayat 32 terindikasikan baik, mereka dapat membaca ayat, mengetahui arti dan pesannya. Mestinya apa yang mereka pahami itu diwujudkan dalam tindakannya, yakni dapat menjaga pergaulan yang baik dengan lawan jenisnya. Namun pada kenyataannya di lain sisi masih ditemukan siswa yang berpacaran, yang rentan melakukan perilaku tercela. Persoalanya : Mengapa hal itu terjadi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) realitas pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 32; (2) realitas sikap siswa yang benar terhadap perilaku pacaran dan (3) hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 32 dengan sikap mereka yang benar terhadap perilaku pacaran. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa keberhasilan pengembangan ranah kognitif tidak hanya akan membuahkan kecakapan kognitif saja, tetapi juga menghasilkan kecakapan ranah afektif. Siswa yang memiliki pemahaman terhadap Q.S Al-Isra ayat 32 menunjukkan bahwa ia dapat memahami arti bacaan, penafsiran dan mampu melihat konsekuensi dari ayat tersebut. Siswa yang memiliki sikap yang benar terhadap perilaku pacaran menunjukkan bahwa ia tidak menyetujui akan budaya pacaran pada remaja, tidak suka kencan, apalagi melakukan kontak fisik. Dari uraian tersebut, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 32, maka semakin positif sikap mereka yang benar terhadap perilaku pacaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dekriptif. Adapun teknik pengumpulan data dari penelitian ini, teknik utamanya adalah tes dan angket. Sedangkan teknik tambahannya adalah observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi Bandung yang dianalisis secara statistik dengan melalui pendekatan parsial dan korelatif. Dari hasil pengolahan data disimpulkan bahwa (1) realitas pemahaman siswa terhadap QS.Al-Isra ayat 32 termasuk kualifikasi baik sekali berdasarkan skor 82,8; (2) realitas sikap siswa yang benar terhadap perilaku pacaran termasuk kualifikasi positif berdasarkan skor 3,66 dan (3) hubungan antar keduanya menunjukan (a) koefisen korelasinya yakni terdapat hubungan signifikan yang rendah berdasarkan skor 0,33 ; (b) hipotesisnya diterima artinya semakin baik pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 32, semakin positif sikap mereka yang benar terhadap perilaku pacaran berdasarkan thitung (1,95) > ttabel (1,69) dan (c) kadar pengaruh kedua variabel adalah sebesar 6% dan 94% dipengaruhi oleh faktor lain baik itu faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Sikap; Pacaran
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizkya Aulia Maulidina
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:04
Last Modified: 23 Sep 2019 07:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24095

Actions (login required)

View Item View Item