Perubahan gaya hidup mahasiswa migran UIN Bandung asal Tasikmalaya : Penelitian terhadap gaya hidup dan interaksi sosial

Widi, Ulfa Sofia (2019) Perubahan gaya hidup mahasiswa migran UIN Bandung asal Tasikmalaya : Penelitian terhadap gaya hidup dan interaksi sosial. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa migran ialah mahasiswa yang berasal dari luar daerah atau bukan merupakan warga asli. Mahasiswa migran Tasikmalaya yang berada di Bandung berada pada lingkungan baru. Mahasiswa migran yang berada di lingkungan baru diharapkan bisa beradaptasi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar agar dapat di terima dan juga menjadi bagian dari lingkungan tersebut. Dengan beradaptasi maka mahasiswa migran tersebut mengalami perubahan perilaku dan kebiasaan yang tercermin dalam gaya hidup mereka di Bandung. Pada pembahasan ini peneliti akan membahas mengenai perubahan gaya hidup mahasiswa migran UIN Bandung asal Tasikmalaya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk memperoleh data mengenai 1) perubahan yang terjadi pada gaya hidup mahasiswa antara sebelum dan sesudah menjadi mahasiswa migran 2) faktor yang melatarbelakangi perubahan gaya hidup, serta 3) dampak dari terjadinya perubahan gaya hidup mahasiswa migran terhadap interaksi sosial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data primer adalah data yang didapatkan melalui hasil wawancara dengan mahasiswa migran asal Tasikmalaya yang kuliah di kampus UIN Bandung sebanyak 18 informan kunci dan 4 informan pangkal, data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku bacaan yang berkaitan dengan perilaku dan gaya hidup. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Perubahan perilaku yang tercermin dalam gaya hidup mahasiswa migran di akibatkan karena adaptasi dengan lingkungan baru. Perubahan perilaku yang tercermin dalam gaya hidup mahasiswa migran dijelaskan pada teori perubahan sosial Wilbert More. Menurut more, bahwa perubaha sosial meliputi perubahan struktur tentang pola-pola perilaku dan interaksi sosial. Dari hasil penelitian di temukan bahwa 1) Perubahan gaya hidup mahasiswa Tasikmalaya diidentifikasi dalam dua hal, pertama perubahan yang berkaitan dengan barang-batang yang berhubungan dengan fashion dan kedua pemanfaatan waktu luang 2) faktor yang melatarbelakangi perubahan gaya hidup yaitu a) faktor internal yaitu sikap dan pengamatan terhadap lingkungan b) faktor eksternal yaitu kelompok referensi (teman), sosial media, lingkungan, serta 3) dampaknya terhadap interaksi sosial yaitu berbeda-beda, ada mahasiswa yang menjadi percaya diri karna tampil dengan fashion yang modis, ada yang menjadi canggung, tidak percaya diri dan tidak nyaman karena perubahan gaya hidup yang dialaminya tidak sesuai dengan perkembangan yang ada di lingkungan atau mahasiswa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perubahan sosial; mahasiswa; migran
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: ulfa sofia widi
Date Deposited: 23 Sep 2019 01:59
Last Modified: 23 Sep 2019 01:59
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24155

Actions (login required)

View Item View Item