Strategi balai rehabilitasi sosial pamardi putra dalam membimbing klien napza : Penelitian tentang strategi balai rehbilitasi sosial dalam membimbing klien napza Lembang Bandung Barat

Maftukha, Dian Fitri (2017) Strategi balai rehabilitasi sosial pamardi putra dalam membimbing klien napza : Penelitian tentang strategi balai rehbilitasi sosial dalam membimbing klien napza Lembang Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK (9).pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat pada permasalahan sosial yang sangat lumrah ditemui namun sulit untuk memberantasnya yaitu penyalahgunaan napza, napza merupakan penyakit sosial yang dapat menyerang siapa saja tidak mengenal usia, jabatan, dan bahkan penyalahgunaan napza tidak hanya di kota-kota besar, namun sudah merambah ke kota-kota kecil, mulai dari tingkat sosial ekonomi menengah bawah sampai tingkat sosial ekonomi menengah atas, Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra hadir sebagai solusi untuk para korban penyalahgunaan napza. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program apa saja yang digunakan Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra (BRSPP) dalam membimbing klien napza, untuk mengetahui faktor yang menunjang dan menghambat pelaksanaan bimbingan di Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra Lembang-Bandung Barat, untuk mengetahui hasil program bimbingan pada client napza di Balai Rehablitasi Sosial Pamardi Putra Lembang-Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis dan data kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan pihak Balai Rehabilitasi Sosial Pamardi Putra lembang Bandung Barat dan para klien napza, selain itu juga dilengkapi dengan data lain seperti referensi yang berbentuk buku-buku, internet, dokumentasi dan sumber-sumber lainya yang berkaitan dengan tema penelitian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional Talcott Parson tentang perubahan. Dalam teorinya, parsons menganalogikan perubahan sosial pada masyarakat seperti halnya pertumbuhan pada mahlukh hidup. Parsons berpendapat bahwa setiap masyarakat tersusun dari subsistem yang berbeda berdasarkan strukturnya maupun berdasarkan makna fungsionalnya bagi masyarakat yang lebih luas, ketika masyarakat berubah, umumnya masyarakat tersebut akan tumbuh dengan kemampuan yang lebih baik untuk menangulangi pemasalahan hidupnya. Adapun hasil penelitian ini adalah program yang diberikan oleh Balai Rehablitasi Sosial Pamardi Putra ada 4 program yaitu, Bimbingan fisik, Bimbingan Sosial, Bimbingan Mental dan Bimbingan keterampilan. Faktor penghambat dari program ketika para penyalahgunaan harus beradaptasi dengan lingkungannya yang menentukan harus disiplin pada segala hal, namun faktor penujangnya yaitu lingkungan yang baik sehingga mendukung para klien untuk berubah, hasil dari program bisa di katakan sudah berhasil terbukti sudah dapat di terima di dalam masyarakat dan melaksanakan fungsi sosialnya, karena tingkah laku, pola berfikir dan akhlaknya sudah berubah sehingga banyak yang sudah berkerja dan buka usaha sendiri bahkan dikampung halamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Balai Rehabilitasi; Klien NAPZA; Sosial Ekonomi;
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 07 Oct 2019 15:40
Last Modified: 07 Oct 2019 15:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24178

Actions (login required)

View Item View Item