Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah : studi kasus tentang manajemen Kepala Sekolah Di SMK Kesehatan Bhakti Kencana Cileunyi

Koswara, Yoni (2017) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah : studi kasus tentang manajemen Kepala Sekolah Di SMK Kesehatan Bhakti Kencana Cileunyi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (752kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Dampak globalisasi dalam dunia pendidikan adalah semakin menguatnya tuntutan terhadap mutu pendidikan. Persaingan hidup semakin ketat menuntut manusia yang bermutu, semua itu dapat dicapai melalui pendidikan. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam menentukan arah maju mundurnya sebuah bangsa. Semakin baik kualitas pendidikan, maka semakin baik tingkat kesejahteraan dan kemakmuran rakyat di suatu negara. Seberapa besar sumber daya alam yang tersedia kalau tidak diimbangi oleh sumber daya manusia yang bermutu maka ini akan menjadi sia-sia. Maka dari itu sekolah merupakan sarana dalam mencetak sumber daya manusia yang bermutu. Meskipun faktanya banyak sekali hambatan yang dialami oleh sekolah dalam mencetak lulusan yang bermutu. Penulis tertarik mengadakan penelitian. di SMK Kesehatan Bhakti Kencana Cileunyi karena sekolah ini bisa berdiri tegak ditengah berbagai masalah dan hambatan yang dialami tetapi menghasilkan lulusan yang bermutu dan dapat berkompetisi di dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam melaksanakan fungsinya untuk meningkatkan mutu sekolah, 2) Untuk mengetahui bagaimana gambaran pencapaian mutu SMK Kesehatan Bhakti Kencana Cileunyi, 3) Untuk mengetahui bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah untuk menghadapi kendala dalam menjalankan tugasnya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dari informasi, tempat dan aktivitas kegiatan kepemimpinan kepala sekolah, serta dokumen. Teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam, observasi langsung, angket dan mencatat dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan menerapkan trianggulasi sumber, trianggulasi metode. Teknik analisis data berupa teknik analisis interaktif yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing yang saling berinteraksi. Hasil penelitian berupa pokok-pokok temuan yaitu: 1) Peningkatan mutu pembelajaran di SMK Kesehatan Bhakti Kencana Cileunyi ditentukan bagaimana kepala sekolah dapat mengelola manajemen sekolah serta kemampuan dalam menetapkan Visi, Misi, Tujuan Pendidikan SMK Kesehatan Bhakti Kencana Cileunyi, Strategi, dan Sasaran tepat sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. 2) Peningkatan mutu kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan fungsinya sangat ditentukan motivasi diri kepala sekolah serta bagaimana bisa mengelola Input Pembelajaran, menyelenggarakan Proses Pembelajaran, menghasilkan Output Pembelajaran. 3) Secara keseluruhan kondisi Kepala SMK Kesehatan Bhakti Kencana Cileunyi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Educator (Pendidik), sebagai Manajer, sebagai Administrator, sebagai Supervisor, sebagai Leader (Pemimpin), sebagai Inovator, sebagai Motivator sangat baik sehingga bisa menjadi contoh dalam menjalankan tugasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah; meningkatkan mutu sekolah
Subjects: Social Process > Leadership
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:40
Last Modified: 25 Sep 2019 04:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24353

Actions (login required)

View Item View Item