Perlindungan hukum terhadap para pekerja di PT. Il Jin Sun Garment Purwakarta dihubungkan dengan pasal 10 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1981 tentang Perlindungan Upah

Rosyida, Firda (2019) Perlindungan hukum terhadap para pekerja di PT. Il Jin Sun Garment Purwakarta dihubungkan dengan pasal 10 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1981 tentang Perlindungan Upah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan Pasal 10 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Perlindungan Upah yang menyebutkan bahwa “Upah harus dibayarkan langsung kepada buruh pada waktu yang telah ditentukan sesuai dengan perjanjian”. Namun fakta yang terjadi di PT. Il Jin Sun Garment Purwakarta yakni perusahaan tidak memberikan upah penuh kepada para pekerja dan terjadi keterlambatan pembayaran upah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap para pekerja di PT. Il Jin Sun Gament Purwakarta, kendala yang dihadapi dalam perlindungan hukum para pekerja di PT Il Jin Sun Garment Purwakarta, serta upaya dalam perlindungan hukum para pekerja di PT. Il Jin Sun Garment Purwakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis yaitu penelitian yang menggambarkan suatu peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut dalam masalah penelitian ini yang kemudian untuk disusun, dijelaskan dan dianalisis. Serta dengan pendekatan yuridis-empiris yaitu penelitian hukum yang berfungsi untuk melihat hukum dalam artian nyata dan meneliti bagaimana bekerjanya hukum dilingkungan masyaraka. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama, perlindungan hukum terhadap para pekerja di PT. Il Jin Sun Garment Purwakarta, pengusaha belum sepenuhnya memberikan perlindungan hukum terhadap para pekerja karena perusahaan tidak memberikan upah penuh kepada para pekerja dan terjadi keterlambatan pembayaran upah dan hal itu tidak sesuai dengan Pasal 10 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Perlindungan Upah. Kedua, kendala yang dihadapi perusahaan yaitu; Kurangnya pendapatan perusahaan dan adanya aksi mogok kerja dari para pekerja. Hal itu mengakibatkan pembayaran upah para pekerja yang tidak dibayarkan penuh. Ketiga, upaya dalam menyelesaikan kendala perlindungan hukum para pekerja yaitu; Melakukan mediasi, melakukan kerja sama dengan perusahaan besar dan meningkatkan hasil produksi dan memperluas pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum; Upah Pekerja; Perusahaan;
Subjects: Law > Organization and Management of Law
Law > Legal Systems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Firda Rosyida
Date Deposited: 25 Sep 2019 05:40
Last Modified: 25 Sep 2019 05:40
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24361

Actions (login required)

View Item View Item