Penerapan metode Everyone Is a Teacher Here pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi berbusana muslim dan muslimah : Penelitian pada siswa kelas X IPA 1 dan 2 SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung

Syakuro, Syaefan Abdan (2019) Penerapan metode Everyone Is a Teacher Here pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi berbusana muslim dan muslimah : Penelitian pada siswa kelas X IPA 1 dan 2 SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan menggunakan metode Everyone Is a Teacher Here siswa diharapkan dapat memanfaatkan waktu pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Metode pembelajaran ini diterapkan pada siswa dengan harapan mampu meningkatkan motivasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal pada siswa kelas X SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung tahun ajaran 2018-2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (a) Penerapan metode Everyone Is a Tecaher Here pada siswa kelas X IPA 1 dan 2 SMA Mekar Arum Cileunyi Bandung (b) Motivasi belajar siswa kelas X IPA 1 dan 2 (c) Penerapan metode Everyone Is a Teacher Here pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode Everyone Is a Teacher Here dan menggunakan quasi eksperimen, yaitu penelitian yang berusaha melihat adakah pengaruh yang signifikan antara variabel Y (penerapan metode Everyone Is a Teacher Here) dengan variabel Y (motivasi belajar siswa) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen dan pendekatannya menggunakan nonequivalent control group design. Pendekatan ini dilaksanakan dengan menggunakan pretest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, pemberian treatmen pada kelas eksperimen saja dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian menunujukan bahwa setelah menghitung data dari variabel X untuk hasil uji normalitas, dari hasil tersebut menunjukan bahwa nilai chi kuadrat hitung lebih kecil dari nilai chi kuadrat tabel (7,19 < 11,34) dengan uji normalitas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa nilai variabel X berdistribusi normal. Setelah menghitung data dari variabel Y untuk hasil uji normalitas, dari hasil tersebut menunjukan bahwa nilai chi kuadrat hitung lebih kecil dari nilai chi kuadrat tabel (6,04 < 11,34) dengan uji normalitas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa nilai variabel Y berdistribusi normal. Hasil dari uji “t” memiliki nilai rata￾rata 73,1 dengan standar deviasi 6,67 dan memiliki standar error 1,53. Berdasarkan uji “t” terhadap kelompok kelas eksperimen diperoleh nilai thitung 3,57 dan ttabel 2,09. Karena nilai thitung (3,57) > nilai ttabel (2,09) maka Ho ditolak. Maka dengan menggunakan metode Everyone Is a Teacher Here terhadap motivasi belajar siswa terdapat perbedaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Everyone Is a Teacher Here ; Motivasi Belajar ; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saefan Abdan Syakuro
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:33
Last Modified: 04 Oct 2019 02:33
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24406

Actions (login required)

View Item View Item