Pengaruh utang pajak dan uang muka penjualan terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus PT. Semen Indonesia Tbk. Periode 2008-2017

Ariyanti, Yesi Tri (2019) Pengaruh utang pajak dan uang muka penjualan terhadap total liabilitas jangka pendek pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi kasus PT. Semen Indonesia Tbk. Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pemilkiran bahwa Utang Pajak dan Uang Muka Penjualan berpengaruh terhadap Total Liabilitas Jangka Pendek di PT. Semen Indonesia Tbk. Hal tersebut semakin diperkuat dengan melihat data laporan keuangan PT. Semen Indonesia Tbk. yang telah dan diaudit dan dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan pihak perusahaan dalam website resminya. total liabilitas jangka pendek sebagai variabel terikat dapat dipengaruhi faktor terutama yang berkaitan dengan utang. Karena suatu kewajiban adalah mewajibkan bagi perusahaan melaksana¬-kan kewajiban tersebut, dan jika kewajiban tersebut tidak dilaksanakan secara tepat waktu akan memungkinkan bagi suatu perusahaan menerima sanksi dan akibat. yang diduga dipengaruhi oleh utang pajak dan uang muka penjualan yang merupakan kewajiban suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh utang pajak terhadap total liabilitas jangka pendek besar pengaruh uang muka penjualan terhadap total liabilitas jangka pendek radan seberapa besar pengaruh utang pajak dan uang muka penjualan simultan terhadap total liabilitas jangka pendek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mengunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan PT. Semen Indonesia Tbk. selama sepuluh tahun pada periode 2008-2017. Variabel dependen pada penelitian ini adalah total liabilitas jangka pendek dan variabel independennya yaitu utang pajak dan uang muka penjualan Teknis adanlisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif (analisis regresi, analisis korelasi, analisis determinasi, uji t, uji F). Dengan didukung pula oleh program SPSS For Windows Versi 25.0. Hasil menunjukkan bahwa tidak dapat pengaruh signifikan antara utang pajak dibuktikan oleh hasil uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 18,8%. Pada variabel uang muka penjualan pun sama, tidak adanya pengaruh yang signifikan terhadap total liabilitas jangka pendek yang dibuktikan oleh uji t serta besar koefisien determinasi sebesar 13,8%. Sedangkan secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan yang dibuktikan oleh uji F serta koefesien determinasi sebesar 20,43%. Hasil penelitian ini selaras dengan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Julio Santri Adira (2016).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Utang Pajak; Uang Muka Penjualan; Total Liabilitas Jangka Pendek;
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Yesy Tri Ariyanti
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:16
Last Modified: 01 Oct 2019 03:16
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24408

Actions (login required)

View Item View Item