Kontribusi home industri dodol ekasari dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Penelitian di Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut

Arisandi, Dea (2019) Kontribusi home industri dodol ekasari dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Penelitian di Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari fenomena yang ada di Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Di desa tersebut adalah desa yang mayoritas penduduknya bekerja di home industry-home industry kecil, karena di daerah tersebut terdapat banyak home industry salah satunya home industry dodol Ekasari. Hadirnya home industry menyebabkan terjadinya perpindahan mata pencaharian pada masyarakat dan masih banyak pengangguran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesejahteraan masyarakat Desa Cilawu sebelum dan setelah adanya home industri dodol Ekasari serta kontribusinya terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Cilawu, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kesejahteraan. Kesejahteraan adalah sebuah tata kehidupan dan penghidupan sosial, material maupun spiritual yang diikuti dengan rasa keselamatan, kesusilaan dan ketentraman diri, rumah tangga serta masyarakat lahir dan batin yang memungkinkan setiap warga negara dapat melakukan usaha pemenuhan kebutuhan jasmani, rohani, dan sosial yang sebaik-baiknya baik bagi diri sendiri, rumah tangga, serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak-hak asasi. Menurut Badan Pusat Statistika Indikator kesejahteraan meliputi pendapatan, pendidikan, kesehatan dan permukiman atau perumahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Pendekatan data dikumpulkan hasil observasi dan wawancara mendalam terhadap pemilik dan pegawai home industri dodol Ekasari, masyarakat dan tokoh masyarakat sekitar home industri serta aparat Desa Cilawu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum adanya home industri dodol Ekasari ini masyarakat Desa Cilawu dalam segi pendapatan masih minim, tingkat pendidikan masih rendah dan tempat tinggal semi permanen. Hadirnya home industry dodol Ekasari membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, terutama bagi mereka ibu rumah tangga yang membantu penghasilan suaminya dan para remaja yang membantu kedua orang tuanya, sehingga bisa menambah pendapatan, memperbaiki pendidikan dan tempat tinggal. Namun, home industry ini banyak menyerap tenaga kerja perempuan, sehingga laki-laki terutama remaja di Desa Cilawu ini masih banyak yang menjadi pengangguran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penghasilan; Kesejahteraan; Home Industri;
Subjects: Culture and Institutions
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: dea arisandi ma'mun
Date Deposited: 26 Sep 2019 06:25
Last Modified: 26 Sep 2019 06:25
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24432

Actions (login required)

View Item View Item