Aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Quran: Penelitian terhadap santri Pesantren Tinggi Al-Quran MAQDIS Kota Bandung

Aeni, Devi Nur (2019) Aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Quran: Penelitian terhadap santri Pesantren Tinggi Al-Quran MAQDIS Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilatarbelakangi oleh aktivitas santri dalam belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS terbilang tinggi. Hal ini bisa terlihat pada santri pesantren tinggi Al-Quran MAQDIS yang mengikuti kegiatan pembinaan tahsin Metode MAQDIS, tilawah lima juz dalam sehari, talaqqi kepada ustadz atau ustadzah, dan evaluasi pembelajaran. Aktivitas tersebut seyogyanya dapat meningkatkan kemampuan santri dalam membaca Al-Quran. Namun pada realitasnya kemampuan santri terbilang cukup rendah, dengan bukti hasil tes ditemukan santri-santri yang kemampuan bacaan Al-Qurannya masih di bawah standar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) realitas aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS, 2) realitas kemampuan membaca Al-Quran, dan 3) hubungan antara aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS dengan kemampuan membaca Al-Quran di Pesantren Tinggi Al-Quran MAQDIS kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan santri dalam membaca Al-Quran dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya oleh aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS, maka semakin tinggi pula kemampan membaca Al-Quran, begitupun sebaliknya semakin rendah aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS, maka semakin rendah pula kemampuan membaca Al-Quran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, tes, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan melakukan analisis parsial perindikator dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa; 1) realitas aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS ditunjukkan dengan nilai rata-rata 4,07 yang berada pada interval 3,40- 4,19 dengan kategori tinggi. 2) realitas kemampuan dalam membaca Al-Quran ditunjukkan dengan nilai rata-rata 74,92 yang berada pada interval 70-79 dengan kategori baik. Dan 3) koefisien korelasi antara aktivitas belajar Al-Quran dengan metode MAQDIS (Variabel X) dengan kemampuan membaca Al-Quran (Variabel Y) sebesar 0,35. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh thitung = 2,23 > ttabel = 2,03, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara variabel x dan varibel y. Besar pengaruhnya adalah 12%, angka tersebut menyatakan bahwa masih ada faktor lain sebesar 88% yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Quran santri di Pesantren Tinggi Al-Quran MAQDIS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; Al-Quran; Metode MAQDIS; Kemampuan
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devi Nur Aeni
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:27
Last Modified: 15 Nov 2019 02:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item View Item