Pergeseran nilai sosial masyarakat adat: Penelitian di Masyarakat Adat Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi

Utami, Nadia Dwi (2019) Pergeseran nilai sosial masyarakat adat: Penelitian di Masyarakat Adat Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Couver.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Adat yang ada di Desa Sirnaresmi merupakan masyarakat tradisional yang masih memegang warisan para leluhur mereka. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk, lambat laun masyarakat adat mengalami pergeseran nilai sosial dan budaya. Pergeseran sosial yang terjadi akibat dari tantangan dan respon masyarakat adat terhadap hal-hal baru sehingga terjadi akulturasi dan pergeseran nilai sosial. Penelitian yang di lakukan penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pergeseran nilai sosial terjadi di dalam masyarakat adat, sehingga menyebabkan berbagai dampak positip dan negatif di dalam masyarakat adat. ketika masyarakat adat melakukan interaksi sosial dengan masyarakat luar maka akan ada hasil yang akan di capai baik dalam hal positif maupun negatif, untuk mengetahui upaya seperti apa yang di terapkan dalam masyarakat adat agar budaya yang ada dalam masyarakat adat Desa Sirnaresmi tetap terjaga. Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori evolusioner dari August Comte, dengan hukum tiga tahap yaitu 1) tahapan teologis 2) tahap metafisik 3) tahap positivistik. Yang dimana perubahan mengalami tahapan yang sama baik dalam masyarakat, kelompok, ilmu dan pola pikir. Begitu pula yang terjadi dalam masyarakat adat Desa Sirnaresmi, yang mengalami perubahan dalam tiga tahapan yang sama karena setiap masyarakat mengalami perubahan dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat adat ini termasuk perubahan yang terjadi secara lambat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara mendalam dengan informan, yang ada pada masyarakat adat Desa Sirnaresm. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Analisis data yang di gunakan adalah analisis deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa telah terjadi pergeseran nilai sosial dan budaya pada masyarakat adat Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Hal ini ditunjukkan dengan pergeseran dalam aspek bahasa dan teknologi, sehingga berimbas pada pergeseran nilai sosial dalam masyarakat adat. Pergeseran nilai sosial yang terjadi di masyarakat adat Desa Sirnaresmi terjadi pada tahun 2000an, setelah sarana jalan sudah di perbaiki, sehingga dapat menghubungkan tempat tinggal masyarakat adat dengan kecamatan, dan masuknya listrik. Setelah masuknya listrik adanya sarana yang memadai, membuat masyarakat adat Desa Sirnaresmi semakin intens berinteraksi dengan masyarakat luar hal ini lah yang menyebabkan pergeseran nilai sosial yang terjadi di dalam Masyarakat ada Desa Sirnaresmi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pergeseran; nilai sosial masyarakat adat;
Subjects: History of Asia
History of Modern India, South Asia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nadia Dwi Utami
Date Deposited: 08 Oct 2019 02:39
Last Modified: 08 Oct 2019 02:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24584

Actions (login required)

View Item View Item