Konsep riyadah dalam tradisi Malamatiyyah: Studi deskriptif terhadap kitab Risalah al-Malamatiyyah karya Abu Abd al-Rahman al-Sulami

Muna, Nailil (2019) Konsep riyadah dalam tradisi Malamatiyyah: Studi deskriptif terhadap kitab Risalah al-Malamatiyyah karya Abu Abd al-Rahman al-Sulami. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi informasi tidak hanya membawa pada kemudahan akses informasi namun juga membuka celah terhadap disinformasi, mis-informasi dan berita palsu yang –jika dipolitisir- bisa mengancam persatuan bangsa. Belum lagi gaya hidup banyak orang yang semakin materialistis dan hedonis turut mempengaruhi budi pekerti dan sikap empati. Karena menghindari kemajuan bukanlah opsi yang tepat, maka diperlukan filter diri dan mekanisme pengendalian diri yang dimiliki oleh masing-masing individu. Kemampuan memfilter dan mengendalikan diri ini perlu dilatih. Dalam spiritualitas Islam, para sufi maupun sālik sering melakukan riyādah atau latihan-latihan untuk memiliki pengendalian diri yang baik. Penelitian ini mencoba mengkaji secara lebih rinci mengenai upaya-upaya yang dilakukan oleh salah satu kelompok spiritual bernama Malāmatiyyah dalam melatih jiwa dan pengendalian dirinya. Sebagai kelompok spiritual, Malāmatiyyah terkadang dikenal dengan cap buruk karena perilakunya yang sering dianggap tidak baik atau bahkan dianggap melanggar syariat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan biografi al-Sulamī (penulis kitab), memberikan gambaran tentang keadaan kaum Malāmatiyyah, serta mendeskripsikan metode riyāḍah yang dilakukan oleh orang-orang Malāmatiyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan mengambil kitab Risālah al-Malāmatiyyah sebagai sumber primer dan fokus utama penelitian, selain dibantu oleh sumber-sumber sekunder lain yang terdiri dari beberapa kitab tasawuf, buku dan jurnal terkait topik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi serta disampaikan secara deskriptif untuk mengungkapkan isi suatu kitab. Setelah dilakukan penelitian tersebut, dihasilkan beberapa kesimpulan yaitu riyāḍah adalah upaya latihan spiritual yang dilakukan untuk mengendalikan diri dan mencapai jiwa yang jernih. Kaum Malāmatiyyah adalah sebuah gerakan spiritual yang menekankan untuk mencela diri dalam latihan rohani/spiritualnya. Secara garis besar, metode riyāḍah yang mereka lakukan untuk mengalahkan dominasi ego/nafs adalah dengan murāqabah, muhasabah, mukhalafah al-nafs, dan menjalankan adab serta sikap altruistik. Keempat metode tersebut menjadi inti dalam keseluruhan sikap hidup Malāmatiyyah yang menyembunyikan status spiritual, tidak menunjukkan kebaikan yang dimiliki, tidak menyembunyikan keburukan/hal yang berlawanan dengan citra baik, menentang setiap keinginan nafs meskipun terkadang berlawanan dengan standar umum masyarakat (ini yang membuat mereka tidak jarang mendapat celaan dan anggapan buruk), serta menjaga sikap altruistik dalam berinteraksi dengan orang lain tidak peduli apakah orang itu bersikap baik ataupun buruk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Riyadah; Tradisi Malamatiyyah; Abu Abd al-Rahman al-Sulami; Risalah al-Malamatiyyah;
Subjects: Religious Experiences
Religious Ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nailil Neymoon Asy'ari
Date Deposited: 01 Oct 2019 04:00
Last Modified: 01 Oct 2019 04:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24594

Actions (login required)

View Item View Item