Perubahan perilaku anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) sebelum dan setelah menerima pelaksanaan program pelayanan di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor

Jumiyati, Dini (2017) Perubahan perilaku anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) sebelum dan setelah menerima pelaksanaan program pelayanan di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-BAB I.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

seiring melemahnya pengaruh orangtua dan keluarga terhadap pembentukan perilaku positif anak yang diperparah dengan makin mudahnya akses terhadap kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi, maka banyak kenakalan anak yang jauh terseret dalam kategori kejahatan yang memaksa anak menjalani hukuman penjara. Anak yang berhadapan dengan hukum akan mendapatkan pelayanan dari Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial salah satunya Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) sebelum masuk ke Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor, untuk mengetahui pelaksanaan program pelayanan untuk anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor, dan untuk mengetahui perubahan perilaku anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) setelah menerima program pelayanan Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra (BRSMP) Cileungsi Bogor. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni merujuk pada teori perubahan sosial Comte dan teori pertukaran sosial atau perubahan perilaku dari George Casper Homans. Teori tersebut dijadikan kerangka berfikir dalam melihat berbagai fenomena yang muncul dilapangan, terutama kaitannya dengan perubahan perilaku anak yang berhadapan dengan hukum di Balai Rehabilitasi Sosial Marsudi Putra Cileungsi Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Karena data yang dianalisis berupa tuturan dari informan, bukan berupa angka-angka. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan seluruh data, mereduksi data mengklarifikasi data sampai pada penarikan kesimpulan sebagai hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, bahwa anak yang berhadapan dengan hukum sebelum masuk dan belum melaksanakan program pelayanan di BRSMP Cileungsi Bogor kebanyakan memiliki perilaku menyimpang, hal tersebut dibuktikan dengan tindak kejahatan yang mereka lakukan sehingga bisa melanggar hukum yang ada. Setelah mereka masuk ke BRSMP Cileungsi Bogor mereka akan mengikuti program pelayanan yaitu bimbingan mental, bimbingan fisik, bimbingan keagamaan dan ketrampilan yang meliputi jahit, las, otomotif, pertukangan dan dinamo. Setelah menjalani program tersebut maka akan dibuktikan apakah mereka bisa merubah perilakunya menjadi lebih baik, lebih buruk ataupun biasa saja. Dalam hal tersebut bisa dibuktikan dengan komposisi sukses, komposisi imbang serta komposisi menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Anak ; Hukum; Rehabilitasi Sosial;
Subjects: Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 16 Oct 2019 02:50
Last Modified: 16 Oct 2019 02:50
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24635

Actions (login required)

View Item View Item