Implementasi musyawarah tentang pembentukan dan pelaksanaan program kerja BUMDES perspektif siyasah dusturiah di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur

Wildan MJS, Muhamad Ridwan (2019) Implementasi musyawarah tentang pembentukan dan pelaksanaan program kerja BUMDES perspektif siyasah dusturiah di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_datar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Sistem Demokrasi yang dianut oleh Negara Indonesia menempatkan musyawarah diranah kekuasaan legislatif yang berpungsi sebagai penyusun dan pembuat peraturan perundang-undang. Selain itu pihak legislatif berfungsi sebagai pengawas atas implementasi peraturan perundang-undangan yang dilakukan oleh pihak eksekutif. Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) merupakan perwujudan dari sebuah peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh pihak legislatif. Musyawarah sebagai prinsip dipraktekan dalam ketatanegaraan Indonesia, dann secara filosofis musyawarah masuk dalam kerangka ideologi negara sebagai mana yang tercantum dalam pancasila sila ke 4 (empat) yang berbunyi; “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan.” Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui implementasi musyawarah tentang pembentukan BUMDES dan program kerjanya di Kecamatan Cilaku Kabupate n Cianjur, juga perspektif siyasah dusturiah mengenai pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Musyawarah secara harfiah berarti meminta pendapat orang lain. Musyawarah adalah eksplorasi pendapat orang-orang berpengalaman untuk mencapai suatu kesimpulan yang paling dekat dengan kebenaran. Intinya musyawarah adalah sebuah proses diskursus dalam memecahkan suatu masalah baik dalam ruang lingkup kecil maupun besar, sebagai upaya bersama untuk mencapai suatu kesepakatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yaitu untuk memberikan data masalah yang seteliti mungkin tentang kehidupan manusia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif, yaitu upaya yang dilakukan dengan cara menghimpun, menganalisis dan menumukan data-data yang penting Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi musyawarah tentang pembentukan BUMDES di Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur terbagi atas, Pertama, Perencanaan yang lahir dari usuan-usulan perangkat desa dan para tokoh setempat. Kedua, Kesepakatan yang terjadi dari seluruh pihak. Ketiga, Pembentukan BUMDES beserta kepengurusannya. Keempat, Program Kerja yang disusun mulai dari jenis usaha, modal, dan pemasukan. Pelaksanaan Program kerja yang belum beralan secara menyeluruh karena kurangnya sumber daya manusia dan belum masuknya penyertaan modal dari pemerintah pusat. Tinjauan siyasah duturiah yang tidak lepas dari tujuan hukum islam yang lima, yaitu; Hifdzu Din, Hifdu Mal, Hifdzu Nafs, Hifdzu Aql, Hifdzu Nasab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Musyawarah; BUMDES; Siyasah Dusturiah;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Specific Jurisdictions and Areas
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Muhamad Ridwan Wildan
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:02
Last Modified: 01 Oct 2019 07:02
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24641

Actions (login required)

View Item View Item