Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Tehnique) pada mata pelajaran akidah akhlak hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas VII di MTs Assyafiiyah

Fatmawati, Farah Dila (2017) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Tehnique) pada mata pelajaran akidah akhlak hubungannya dengan akhlak siswa sehari-hari : Penelitian pada siswa kelas VII di MTs Assyafiiyah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi di kelas VII MTs Assyafiiyah, bahwa proses pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan oleh guru tidak monoton, karena guru telah menerapkan model pembelajaran salah satunya adalah VCT (Value Clarification Tehnique). Model pembelajaran VCT diasumsikan dapat membangun nilai yang menurut anggapan siswa baik yang pada gilirannya nilai tersebut akan mewarnai akhlaknya di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) realitas tanggapan siswa kelas VII MTs Assyafiiyah terhadap penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Tehnique), 2) realitas akhlak siswa kelas VII MTs Assyafiiyah sehari hari, 3) realitas tanggapan siswa kelas VII MTs Assyafiiyah terhadap penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Tehnique) pada mata peajaran akidah akhlak hubunganya dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari asumsi teoritik yang menyatakan bahwa akhlak dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi akhlak adalah tanggapan siswa, yaitu kesan yang diperoleh siswa setelah ia melakukan pengamatan selama proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Tehnique), kesan tersebut akan memancing kekuatan kehendak yang akan menggerakan tingkah laku siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan pengumpulan data teoritiknya berdasarkan pada studi kepustakaan dan empiriknya melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Penyebaran angket menggunakan sampel siswa berjumlah 41 orang. Analisis dari kuantitatifnya menggunakan pendekatan statistic. Hasil penelitian realitas tanggapan siswa terhadap model pembelajaran VCT secara keseluruhan termasuk kategori tinggi. Hal ini berdasarkan rata-rata jawaban mereka pada 15 item angket yang diajukan diperoleh 4,5. Hasil penelitian realitas akhlak siswa secara keseluruhan juga termasuk kategori tinggi, Hal ini berdasarkan rata-rata jawaban mereka pada 15 item angket yang diajukan diperoleh 4,4. Adapun Realitas hubungan antara tanggapan siswa terhadap model pembelajaran VCT (Value Clarification tehnique) pada mata pelajaran akidah akhlak dengan akhlak siswa sehari-hari didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,84 dengan kulaifikasi tinggi karena berada pada interval 0,70 – 0,90.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; VCT; Akidah; Akhlak;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:45
Last Modified: 09 Oct 2019 01:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24705

Actions (login required)

View Item View Item