Upaya guru aqidah akhlak meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mamba’ul Ulum Pasirkuda Kecamatan Pasirkuda pada tahun ajaran 2016/2017

Kuspiana, Muhammad Ilmar (2017) Upaya guru aqidah akhlak meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Mamba’ul Ulum Pasirkuda Kecamatan Pasirkuda pada tahun ajaran 2016/2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Pendidikan adalah sistem dan cara meningkatkan kualitas hidup manusia dalam segala aspek kehidupan manusia.Salah satu mata pelajaran penting di madrasah adalah pelajaran akidah akhlaq, pernanan guru mata pelajaran akidah akhlak berperan penting dalam proses pendidikan dan pengajaran. Motivasi merupakan salah satu faktor penunjang dalam menentukan intensitas usaha untuk belajar dan juga dapat dipandang sebagai suatu usaha yang membawa anak didik kearah pengalaman belajar sehingga dapat menimbulkan tenaga dan aktivitas siswa serta memusatkan perhatian siswa pada suatu waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak, keterlibatan orang tua serta guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Mamba’ul Ulum Pasirkuda. Berhasilnya suatu proses belajar ada dua faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar tersebut, yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual. Peranannya yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang, dan semangat untuk belajar sehingga proses belajar dapat berhasil sescara optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif melalui observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Sedangkan jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian ini didasarkan pada peristiwa yang terjadi secara alamiah dalam situasi yang wajar tanpa dipengaruhi oleh peneliti. Subyek penelitian siswa kelas VII s.d IX MTs Mamba’ul Ulum Pasirkuda. Berdasarkan hasil pengolahan data dan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan guru sudah menjalankan tugas dengan baik, melaksanakan motivasi siswa, begitu juga peran orangtua siswa dalam memotivasi anaknya dalam belajar akidah akhlak sangat baik tetapi ditemukan adanya factor penghambat yaitu sarana dan prasarana yang dinilai masih kurang memadai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah upaya guru dalam memotivasi siswa dinilai baik serta peran orang tua juga sangat baik tetapi dari factor penghambat dalam proses pembelajaran ada satu yang menjadi penghambat yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, sehingga siswa kadang kala merasakan kurang minat dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru; Motivasi; Peranan Orang Tua dan Faktor ;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 09 Oct 2019 01:52
Last Modified: 09 Oct 2019 01:52
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24708

Actions (login required)

View Item View Item