Pengaruh modal kerja bersih dan perputaran piutang terhadap return on asset (ROA) pada PT. Astra International, Tbk Periode 2008-2017

Fuadah, Linda (2019) Pengaruh modal kerja bersih dan perputaran piutang terhadap return on asset (ROA) pada PT. Astra International, Tbk Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA LINDA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)

Abstract

Salah satu tolak ukur perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya atau mengembangkan usahanya dimasa yang akan datang yaitu dengan melihat keuntungan/laba pada perusahaan tersebut. Salah satu sumber perolehan laba terbesar diperoleh dari Perputaran Piutang perusahaan dan Modal Kerja Bersih untuk mebiayai kegiatan operasional perusahaan. Permasalahan muncul ketika perolehan Modal Kerja Bersih dan Perputaran Piutang yang tinggi tidak diikuti dengan tingginya Return On Asset (ROA), pada PT. Astra International Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Modal Kerja Bersih secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Astra International Tbk; untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Perputaran Piutang secara parsial terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Astra International Tbk; dan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Modal Kerja bersih dan Perputaran Piutang terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Astra International Tbk. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi perolehan Modal Kerja Bersih dan Perputaran Piutang, maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Return On Asset (ROA). Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi laporan keuangan PT. Astra International Tbk. Data terdiri dari tahun 2008-2017. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier, analisis korelasi, koefisien determinasi, Uji t dan Uji F dengan bantuan program SPSS Versi 16.0. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara Parsial Modal Kerja Bersih berpengaruh tidak signifikan terhadap Return On Asset (ROA) sebesar 43,0% dan sisanya sebesar 57,0% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Adapun hasil Penelitian secara Parsial Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) sebesar 60,32% sisanya sebesar 39,68% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Secara Simultan Modal Kerja Bersih dan Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) sebesar 61,0% dan sisanya sebesar 39,0% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja Bersih; Perputaran Piutang; Return On Asset (ROA);
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Oct 2019 04:42
Last Modified: 02 Oct 2019 04:43
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24711

Actions (login required)

View Item View Item