Toleransi beragama perspektif Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII): Studi deskriptif dewan pimpinan wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Jawa Barat

Pratama, Predi M (2019) Toleransi beragama perspektif Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII): Studi deskriptif dewan pimpinan wilayah Lembaga Dakwah Islam Indonesia Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah mayoritas umat Islam terbanyak di dunia. Polarisasi umat Islam yang beragam menjadi bukti perkembangan sejarah Islam di Indonesia, sejak era kemerdekaan, Islam telah menampakkan keragaman bentuk, yang dimanifestasikan oleh salah satu organisasi-organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam. Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu ormas Islam yang menerapkan nilai toleransi beragama salah satunya dengan menerima orang yang bukan LDII shalat di masjid mereka. Akan tetapi, masih terdapat stigma negatif tentang LDII. Oleh karena itu, penulis merasa perlu untuk melakukan sebuah penelitian terhadap DPW LDII Jawa Barat yang berkaitan dengan bagaimana mereka memahami toleransi beragama dan mengimplementasikannya. Penelitian ini mengangkat tiga permasalahan, yaitu: 1) Bagaimana pemahaman makna toleransi beragama perspektif DPW LDII Provinsi Jawa Barat?. 2) Bagaimana faktor pendukung tercapainya toleransi beragama antara DPW LDII Provinsi Jawa Barat dengan masyarakat non LDII? . 3) Bagaimana penerapan toleransi beragama yang dilakukan DPW LDII Provinsi Jawa Barat?. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman makna toleransi beragama perspektif DPW LDII Provinsi Jawa Barat. 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung yang menciptakan toleransi beragama antara DPW LDII Provinsi Jawa Barat dengan masyarkat non LDII. 3) Untuk mendeskripsikan penerapan toleransi beragama yang dilakukan DPW LDII Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan metode kualitatif sendiri adalah melakukan penelitian pada kondisi obyek yang alamiah, dan disini peneliti berperan sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data pun dilakukan secara trianggulasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa toleransi beragama menurut DPW LDII Provinsi Jawa Barat adalah sikap untuk bisa saling bergaul dengan masyarakat, kemudian diterima di masyarakat dan mempunyai wibawa di dalam pergaulan. Faktor pendukung tercapainya toleransi beragama antara LDII dengan non LDII adalah ta’aruf, tafahum, ta’awun, takaful, dan budi luhur. Implementasi toleransi beragama yang dilakukan oleh DPW LDII Jawa Barat dengan cara menerima seseorang yan non LDII shalat di masjid mereka, mengadakan kegiatan bersama dengan tokoh agama lain, memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana alam dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Toleransi; Beragama; Implementasi; LDII;
Subjects: Religious Experiences
Islam > Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Perbandingan Agama
Depositing User: Predi M Pratama
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:44
Last Modified: 08 Oct 2019 08:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24764

Actions (login required)

View Item View Item