Manajemen penilaian kinerja guru madrasah : Studi di MTsN 4 Cirebon dan MTsN 11 Cirebon

Anas, Azwar (2018) Manajemen penilaian kinerja guru madrasah : Studi di MTsN 4 Cirebon dan MTsN 11 Cirebon. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

Penilaian Kinerja Guru pada hakikat merupakan suatu kegiatan untuk membina dan mengembangkan guru profesional yang di lakukan dari guru, oleh guru, dan untuk guru. Hal ini penting terutama untuk melakukan pemetaan terhadap kirnerja seluruh guru dalam berbagai jenjang dan jenis pendidikan . Hasil penilaian kinerja tersebut dapat digunakan oleh guru, kepala sekolah, dan pengawas untuk melakukan refleksi terkait dengan tugas dan fungsinya dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen penilaian kinerja guru di MTsN 4 Cirebon dan MTsN 11 Cirebon, yang meliputi: 1) Perencanaan penilaian kinerja guru, 2) Pelaksanaan penilaian kinerja guru, 3) Pengawasan penilaian kinerja guru, 4) Tindak Lanjut penilaian kinerja Guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan rancangan fenomenologi. Teknik pengumpulan data informasi penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan pengamatan langsung penilaian kinerja guru. Data yang diperoleh disusun, dimaknai, dianalisis, direduksi, dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penilaian kinerja guru, yang diperoleh melalui optimalisasi fungsi manajemen pendidikan, yang didasari Total Quality Education, dirancang berdasarkan Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Guru, memberikan gambaran positif terhadap kualitas implementasi manajemen penilaian kinerja guru. Gambaran positif tersebut terlihat pada aspek 1) perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan 4) pengawasan, termasuk 5) Tindak lanjut penilaian kinerja guru . Gambaran positif berikutnya: 1) Terpetanya kualitas dan komptensi guru, 2) Guru melaksanakan tugasnya sesuai tugas pokok dan fungsi, 3) Meningkatnya kualitas layanan guru dalam proses pembelajaran (guru profesional).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; penilaian; kinerja guru
Subjects: General Management > Education, Research of Management
General Management > Job Analysis
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 04 Oct 2019 09:12
Last Modified: 04 Oct 2019 09:12
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24917

Actions (login required)

View Item View Item