Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur : Studi kasus pada PT Indocement Tunggal Prakarsa di Kabupaten Cirebon Tahun 2013-2018

Putri, Mia Novita (2019) Pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur : Studi kasus pada PT Indocement Tunggal Prakarsa di Kabupaten Cirebon Tahun 2013-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Perputaran Kas dan Perputan Persediaan merupakan bagian dari operasional perusahaan yang berkontribusi dalam perkembangan dan kemajuan perusahaan melalui analisis laporan keuangan perusahaan mampu mengamati pergerakan dan perkembangan perusahaan melalui analisis laporan keuangan berupa perputaran kas dan perputaran persediaan sehingga perusahaan mampu mengambil keputusan guna membangun perusahaan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini sebagai kajian teoritis yang dilakukan agar memunculkan sebuah output berupa informasi bagi peneliti sebagai pemantapan keilmuan, dan untuk perusahaan sebagai pengguna ini informasi diharapkan hasil dari penelitian ini mampu menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan yang dilakukan oleh perusahaan yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitaif yang menggambarkan analisis suatu hasil yang kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan menggunakan alat bantu SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwaPerputaran Kas secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadapProfitabilitas (ROA) pada perusahaan Manufaktur Sektor Bahan Bangunan Semendibuktikan dengan nilai thitung sebesar -1,257dan nilai ttabel sebesar 2,35336 dengan signifikansi sebesar 0,298 yang berada diatas tingkat signifikansi α sebesar 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak yaitu bahwa tidak terdapat pengaruh positif dari Perputaran Kas terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan sektor bahan bangunan semen yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 sampai dengan 2018. Sedangkan Perputaran Persediaan secara parsialberpengaruh positif dan signifikan terhadapProfitabilitas (ROA)dibuktikan dengan nilai thitungsebesar 3,551 dan nilai ttabel sebesar 2,35336 dengan signifikansi sebesar 0,038 yang berada dibawahtingkat signifikansi α sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yaitu bahwa terdapat pengaruh positif dari Perputaran PersediaanterhadapProfitabilitas (ROA) pada perusahaan sektor bahan bangunan semen yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 sampai dengan 2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputran Kas; Perputaran Persediaan; Profitabilitas; Return On Assets (ROA)
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mia Novita Putri
Date Deposited: 08 Oct 2019 01:00
Last Modified: 08 Oct 2019 01:00
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24918

Actions (login required)

View Item View Item