Strategi pengelolaan zakat rumah yatim dalam upaya optimalisasi pemberdayaan umat: Studi deskriptif di Rumah Yatim Jl. Buah Batu No.296, Bandung

Audina, Rizkiyah (2019) Strategi pengelolaan zakat rumah yatim dalam upaya optimalisasi pemberdayaan umat: Studi deskriptif di Rumah Yatim Jl. Buah Batu No.296, Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi pengelolaan zakat di rumah yatim dalam optimalisasi pemberdayaan umat di Jl. Buah Batu No.296 Bandung, secara khusus penelitian ini membahas tentang strategi yang menggunakan model manajemen strategi diawali dengan formulasi strategi pengelolaan, implementasi strategi dan juga evaluasi strategi pengelolaan zakat dirumah yatim. Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis terhadap kepedulian sosial yang diwujudkan oleh zakat, infaq dan juga sadaqah sebagai bentuk dari keimanan seorang muslim untuk membantu meringankan beban muslim, sehingga membuat muslim tersebut sejahtera dan pemberdayaan umat semakin meningkat. Rumah yatim sebagai lembaga amil zakat memiliki eksistensi yang sangat yang baik dikalangan pemerintahan, selebritas hingga tunawisma, ini terlihat dari banyak cabang rumah yatim yang tersebar di berbagai daerah di indonesia hingga mencapai luar negeri. Maka dari itu strategi pengelolaan zakat dirumah yatim dapat dirasakan untuk mengoptimalisasikan pemberdayaan umat. Penelitian ini juga memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui manajemen strategik rumah yatim dengan strategi pengelolaan zakat yang ada dirumah yatim meliputi (1) Formulasi stategi pengelolaan zakat rumah yatim. (2) Implementasi strategi pengelolaan zakat rumah yatim. (3) Evaluasi strategi pengelolaan zakat rumah yatim. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu menurut Thompsons dan Stickland III yaitu defenisi dari manajemen strategi yang didalamnya terdapat psroses manaejemen strategi, yaitu formulasi manajemen, implementasi manajemen dan juga evaluasi manajemen. Penelitian ini merupakan pada penelitian kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di Rumah Yatim dengan menggunakan metode deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa strategi pengelolaan zakat rumah yatim dalam upaya optimalisasi pemberdayaan umat meliputi formulasi strategi yang mendukung berjalannya rumah yatim dalam pengembangan visi dan misi lembaga, identifikasi peluang dan ancaman, identifikasi kekuatan dan kelemahan, penetapan tujuan jangka panjang dan penentuan alternatif strategi. Dalam implementasi strategi yang dilaksanakan sangat terkoordinir dengan baik dilihat dari pengembangan strategi sesuai dengan budaya lembaga, pengarahan pada bidang pemasaran dan pengaplikasian aspek pengelolaan zakat yang baik dan matang. Yang kemudian diakhiri dengan evaluasi strategi yang didalamnya meliputi peninjauan dari faktor internal dan eksternal, pengukuran kinerja serta pengkoreksian serta pengambilan tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi pengelolaan zakat; optimalisasi pemberdayaan umat;
Subjects: Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rizkiyah Audina Dina
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:28
Last Modified: 08 Oct 2019 07:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24936

Actions (login required)

View Item View Item