Manajemen pembinaan karakter peserta didik berbasis Masjid: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya

Sari, Nurlaela (2019) Manajemen pembinaan karakter peserta didik berbasis Masjid: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan peserta didik akan nilai-nilai karakter seperti nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas mengingat pengaruh dari luar yang semakin kompleks dapat membawa peserta didik terjerumus ke dalam kondisi yang kurang baik. Oleh karena itu, diperlukan pembinaan karakter peserta didik. Pembinaan tersebut dapat dilakukan disemua jenis lembaga pendidikan, salah satunya di madrasah. Madrasah memiliki ciri khas nilai keislaman. Nilai keislaman identik dengan kegiatan yang ada di masjid yakni shalat. Karena shalat memiliki pengaruh dan hikmah yang luar biasa bagi kehidupan. Dari itu, untuk membentuk nilai karakter peserta didik salah satunya adalah dengan melakukan pembinaan karakter peserta didik berbasis masjid. Pembinaan tersebut akan berjalan dengan baik apabila diatur dan dikelola dengan baik pula oleh stakeholder. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan pembinaan karakter peserta didik berbasis masjid (2) Pengorganisasian pembinaan karakter peserta didik berbasis masjid (3) Pelaksanaan pembinaan karakter peserta didik berbasis masjid (4) Pengawasan pembinaan karakter peserta didik berbasis masjid dan (5) Evaluasi pembinaan karakter peserta didik berbasis masjid. Penelitian ini didasarkan pada asumsi teori manajemen dari G.R. Terry yang meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling. Pada penelitian ini planning mencakup identifikasi kebutuhan peserta didik, organizing mencakup stuktur organisasi beserta tugas pokok kepengurusan dalam struktur organisasi, actuating mencakup pelaksanaan program kegiatan berbasis masjid, dan controlling mencakup pengawasan secara langsung dan tidak langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh dari pihak Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya, dan sumber data sekunder yang diperoleh dari literatur-literatur dan sumber dokumen yang lain. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa manajemen pembinaan karakter peserta didik berbasis masjid diawali dengan identifikasi kebutuhan peserta didik yakni karakter religius sebagai pondasi dari nilai-nilai karakter yang lain. Oleh karena itu diperlukan program kegiatan yang meliputi wudhu, shalat dhuha bersama, adzan, iqamah, pembacaan al-asma’ al-husna, tadarus al-Quran, kultum, shalat dzuhur berjamaah, dzikir, dan doa. Kemudian program tersebut dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Untuk mengetahui kelancaran pelaksanaan program maka diperlukan pengawasan. Pengawasan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kabupaten Tasikmalaya dilakukan dengan cara pengawasan langsung dan tidak langsung. Pembinaan karakter peserta didik tersebut kemudian dievaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari program kegiatan masjid. Evaluasi tersebut dilakukan dengan dua cara yakni absensi dan observasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; pembinaan karakter; masjid;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nurlaila nur sari
Date Deposited: 07 Oct 2019 08:54
Last Modified: 07 Oct 2019 08:54
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24963

Actions (login required)

View Item View Item