Komunitas dakwah untuk memelihara nilai-nilai dasar Keislaman: Studi kasus pada Komunitas Muslim Bikers Indonesia (KOMBI) Bandung

Nurain, Nurain (2019) Komunitas dakwah untuk memelihara nilai-nilai dasar Keislaman: Studi kasus pada Komunitas Muslim Bikers Indonesia (KOMBI) Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar_isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_ daftar_pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Dakwah yaitu mengajak kepada kebaikan, baik itu secara lisan, tulisan maupun perbuatan yang melibatkan unsur-unsur yang ada di dalam dakwah untuk mencapai tujuan tertentu. Saat ini, dakwah dianggap begitu penting dalam kehidupan masyarakat, sehingga banyak masyarakat berlomba-lomba untuk melakukan kegiatan dakwahnya salah satunya dengan membentuk suatu komunitas, yaitu Komunitas Muslim Biker Indonesia atau biasa disebut dengan KOMBI. Saat ini KOMBI mulai tersebar di tanah air, salah satunya di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana materi dakwah yang dilakukan KOMBI Bandung, untuk mengetahui bagaimana penyampaian pesan dakwah yang dilakukan KOMBI Bandung, untuk mengetahui bagaimana metode dakwah yang dilakukan KOMBI Bandung, serta untuk mengetahui hasil dakwah yang dilakukan KOMBI Bandung. Penelitian ini mengacu pada metode dakwah yang melibatkan unsur-unsur dakwah. Untuk mengupas penelitian ini, peneliti menggunakan teori medan dakwah, untuk melihat sejauh mana perkembangan yang terjadi di KOMBI Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus, dengan memberikan gambaran mengenai kegiatan serta perkembangan yang ada di KOMBI Bandung secara lebih luas dan mendalam. Dalam penelitian ini, penulis mengumpulkan data dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa materi dakwah yang dilakukan KOMBI Bandung yaitu berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah, Amar Ma’ruf nahi munkar dengan tujuan memperoleh surga Allah SWT., serta dalam penyampaian pesan dakwahnya sangat sederhana yaitu dengan dakwah tabligh dan persuasif, dan dalam metode dakwah yang dilakukan KOMBI Bandung antara lain dakwah Al-Hikmah, dakwah Bilmau’izah hasanah, dakwah mujadalah billati hiya ahsan, dan dakwah bil hal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Komunitas Muslim; KOMBI;
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nurain Nurain
Date Deposited: 18 Oct 2019 07:28
Last Modified: 18 Oct 2019 07:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item View Item