Implementasi manajemen rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan mutu lembaga: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung

Suratman, Derry (2019) Implementasi manajemen rekrutmen peserta didik dalam meningkatkan mutu lembaga: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (943kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung adalah salah satu sekolah tingkat SLTA sederajat yang berciri khaskan dengan konsep keislaman. Adapun proses penerimaan peserta didik baru memiliki 3 jalur untuk bisa masuk sebagai peserta didik di MAN 1 Kota Bandung diantaranya: pertama jalur prestasi yaitu mengambil peserta didik yang memiliki prestasi rangking 1 dan 2 di sekolah sebelumnya, kedua jalur reguler yaitu jalur umum yang semua orang bisa masuk melalui jalur ini dan melaksanakan test terlebih dahulu sebelum dinyatakan diterima atau tidaknya di MAN 1 Kota Bandung, yang ketiga adalah jalur Keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) jalur ini khusus bagi keluarga yang tidak mampu dengan membuktikan kartu Indonesia pintar (KIP) atau surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan setempat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Manajemen Rekrutmen Peserta Didik di MAN 1 Kota bandung, profil MAN 1 Kota Bandung, serta untuk mengetahui Proses rekrutmen melalui Aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, Faktor penunjang dan faktor penghambat, serta hasil yang didapat dari rekrutmen peseta didik pada proses Manajemen Rekrutmen Peserta Didik. Penelitian ini didasarkan pada kerangka pemikiran bahwa Manajemen Rekrutmen Peserta Didik yang baik dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Dengan meliputi kegiatan proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang meliputi didalamnya diantaranya pembentukan panitia penerimaan, pembuatan pengumuman, pendaftaran, seleksi, penentuan hasil dan registrasi daftar ulang. Metode yang digunakan yakni metode kualitatif deskriftif yang mengambil dari latar alamiah MAN 1 Kota Bandung serta mengambil dari sesuai dengan Rumusan Masalah, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Dan dokumentasi dan analisis yang digunakan yakni pemerosesan data dan, kategorisasi data serta penafsiran data. Dari hasil penerlitian yang diperoleh bahwa MAN 1 Kota Bandung yang beralamat di Jl. Haji Alpi No. 40 Cijerah Kota Bandung sudah sesuai dengan sistem Manajemen yang berdasarkan teori Manajemen, kesesuaian teori antara lain: 1) perencanaan Manjemen rekrutmen peserta didik merupakan peranan yang sangat penting, proses perencanaannya diantranya: analisis kebutuhan, sasaran peserta didik, waktu, seleksis dan registrasi, tempat seleksi, rapat peserta didik yang diterima 2) pengorganisasian meliputi struktur organisasi PPDB 3) pelaksanaan meliputi : kebijakan penerimaan peserta didik, prosedur penerimaan peserta didik, kriteria peserta didik, dan sistem penerimaan peserta didik. 4) Pengawasan Manajemen Peserta didik 5) hasil manajemen rekrutmen sesuai dan mencapai target yakni 432 siswa. 6) faktor penunjang yakni sarana dan fasilitas yang memadai, adapun faktor penghambatnya adalah perlunya waktu untuk registrasi ulang dan peraturan yang selalu berubah setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Rekrutmen; Peserta Didik;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Derry Suratman
Date Deposited: 17 Oct 2019 01:39
Last Modified: 17 Oct 2019 01:39
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25042

Actions (login required)

View Item View Item