Pengaruh konformitas kelompok sebaya terhadap kemandirian personal: Penelitian terhadap siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Ardialita, Siska Tri (2019) Pengaruh konformitas kelompok sebaya terhadap kemandirian personal: Penelitian terhadap siswa kelas XI MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy

Abstract

Pada pertemanan, remaja memiliki tuntutan akan konformitas. Remaja membutuhkan tingkat kemandirian yang tinggi sebagai salah satu cara untuk mempersiapkan diri memasuki masa dewasa serta supaya tidak memiliki sifat ketergantungan kepada teman sebayanya. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui konformitas kelompok sebaya yang terjadi di sekolah. 2) Untuk mengetahui kemandirian siswa yang terjadi di sekolah. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh konformitas kelompok sebaya terhadap kemandirian siswa Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Ar- Rosyidiyah Kota Bandung berjumlah 75 orang. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah skala konformitas kelompok sebaya dengan skala kemandirian personal, dengan teknik non probability sampling yaitu sampling populasi. Teori yang digunakan tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penlitian ini. Teori yang digunakan yaitu menurut (Monks, dkk, 2004:283) menyatakan bahwa pada remaja yang memiliki konformitas yang tinggi, mereka cenderung akan sangat tergantung pada aturan dan norma yang berlaku dalam kelompoknya, karena mereka beranggapan bahwa setiap aktivitas yang dilakukannya tidak akan berarti tanpa dukungan kelompok, hal ini tentunya mempengaruhi kemandirian pada seseorang. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh kekuatan hubungan antara kedua variabel ini ditunjukan oleh koefisien korelasi sebesar R=0,877; p=0,00 (p<0,05), F Hitug 243,415> dan F tabel = 1,992. Artinya ada hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kemandirian pada siswa kelas XI MA Ar- Rosyidiyah Kota Bandung. Kontribusi variabel X terhadap variabel Y lebih tinggi dengan R Square pada koefisien determinasi sebesar 0,769. Artinya konformitas kelompok sebaya memberikan kontribusi 76,9% terhadap kemandirian personal. Sedangkan 23,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini disimpulkan bahwa konformitas teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kemandirian personal MA Ar-Rosyidiyah Kota Bandung, dilihat dari hasil analisis instrument yang mengambarkan bahwa sebagian besar siswa menyesuikan tindakan dan perilaku teman sebaya mereka di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konformitas kelompok sebaya; kemandirian personal;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siska Tri Ardialita
Date Deposited: 08 Oct 2019 07:44
Last Modified: 08 Oct 2019 07:44
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25061

Actions (login required)

View Item View Item