Budaya populer Korea Selatan di kalangan mahasiswa Ushuluddin: Studi analisa budaya populer dalam perspektif Yasraf Amir Piliang

Nur'aeni, Devi Adela (2019) Budaya populer Korea Selatan di kalangan mahasiswa Ushuluddin: Studi analisa budaya populer dalam perspektif Yasraf Amir Piliang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Trend budaya Korea Selatan yang berhasil disebarkan media nampaknya masih menjadi salah satu budaya populer masa kini. Hal tersebut terlihat dari bagaimana budaya populer Korea yang semakin hari kian digandrungi massa tak terkecuali di kalangan mahasiswa/i di Fakultas Ushuluddin sekalipun dimana demam Korea dapat dengan mudahnya ditemui. Karena merupakan hasil penyebaran media yang mana targetnya adalah massa, artinya masyarakat secara tidak langsung dibawa pada suatu sistem yang membuat mereka terambil alih kesadarannya sehingga pada akhirnya trend budaya Korea menjadi kiblat bagi para penggemarnya. Kemudian untuk mencari tahu bagaimana budaya Korea dapat berhasil mendominasi mahasiswa/i di fakultas Ushuluddin digunakanlah pendekatan kualitatif-fenomenologi guna mencari beberapa responden untuk kemudian mendapatkan kesimpulan umum yang dilakukan lewat sesi wawancara yang mana targetnya adalah mahasiswa ataupun mahasiswi di fakultas Ushuluddin yang menyukai dan mengakui dirinya sebagai seorang penggemar Korea (K-Popers/Hallyu). Adapun teori yang digunakan merupakan teori Yasraf Amir Piliang dimana menurutnya budaya populer akan membuat masyarakat berpikir populer juga. Karena berpikir populer, artinya mereka akan mengikuti standar massa yang kemudian mengantarkan masyarakat pada proses imitasi terkait trend yang dibawa budaya Korea. Dan karena secara tidak langsung dipaksa menjadi seorang peniru, hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap konsep diri mereka sendiri. Hasil di lapangan membuktikan kebenaran dari teori Yassraf dimana para mahasiswa/i menyukai budaya Korea dikarenakan orang di sekitar mereka juga menyukainya. Budaya Korea juga membuat mereka meniru segala hal yang berkaitan dengan adat dan kebiasaan orang Korea. Sehingga dari prosess peniruan ini-sedikit demi sedikit mulai menggiring mereka pada sebuah identitas baru yang mana menurut Yasraf jika pemakaian identitas baru ini terus menerus dilakukan dapat membuat seseorang mengalami Skizofrenia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer; Budaya Korea Selatan; Dominasi Kesadaran
Subjects: Theory of Philosophy
Culture and Institutions
Philosopy and Theory
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Filsafat Agama
Depositing User: Devi Adela Nur'aeni
Date Deposited: 08 Oct 2019 06:01
Last Modified: 08 Oct 2019 06:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25064

Actions (login required)

View Item View Item