Hasil belajar kognitif santri pada kitab tanbihul gofilin bab wara hubungannya dengan akhlak terhadap diri sendiri di Pesantren : Penelitian terhadap santri Bustanul Wildan kelas Mutawasit B Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Fauziah, Ai Samrotul (2017) Hasil belajar kognitif santri pada kitab tanbihul gofilin bab wara hubungannya dengan akhlak terhadap diri sendiri di Pesantren : Penelitian terhadap santri Bustanul Wildan kelas Mutawasit B Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (798kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA PRINT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di Pondok Pesantren Bustanul Wildan Cileunyi-Bandung diperoleh informasi bahwa Pesantren Bustanul Wildan merupakan lembaga pendidikan non formal yang mengajarkan ilmu-ilmu agama, salah satu kitab yang dikajinya yaitu kitab Tanbihul Gofilin yang membahas berbagai materi yang berkaitan dengan Tasawuf dan salah satunya membahas tentang bab Wara. Dengan dipelajarinya kitab Tanbihul Gofilin bertujuan agar para santri dapat memiliki akhlak yang baik. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif santri pada Kitab Tanbihul Gofilin bab wara, mengetahui akhlak terhadap diri sendiri di pesantren serta mengetahui hubungan antara hasil belajar kognitif santri pada kitab Tanbihul Gofilin bab wara hubungannnya dengan akhlak terhadap diri sendiri di pesantren. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa hasil belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku dan keberhasilan perkembangan kognitif tidak hanya akan membuahkan kecakapan kognitif, tetapi juga menghasilkan ranah afektif dan psikomotor. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi hasil belajar kognitif santri pada kitab Tanbihul Gofilin bab wara maka semakin baik pula akhlak santri terhadap diri sendiri di pesantren. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif yaitu metode yang diupayakan untuk mengamati permasalahan secara sistematis dengan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, angket, tes dan studi kepustakaan. Subjek dalam penelitian ini adalah santri kelas mutawasit B yang berjumlah 40 orang. Analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Dari hasil analisis data yang disebarkan kepada 40 responden, diketahui Hasil belajar kognitif santri pada Kitab Tanbihul Gofilin bab wara (Variabel X), yaitu 71,18 Nilai tersebut termasuk kategori baik yang berada pada interval 70 – 79. Akhlak santri terhadap diri sendiri (Variabel Y) diperoleh hasil 3,76. Nilai tersebut termasuk kategori baik yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Adapun persamaan regresi linier yaitu Y= 23,75 + 0,77 X. Sedangkan linieritas regresinya diperoleh hasil bahwa F hitung = -104,88 < F tabel = 3,38 maka data tersebut linier. Nilai koefisien korelasinya diperoleh sebesar 0,98 berarti termasuk sangat tingggi, kemudian hasil signifikansi koefisien korelasinya diperoleh t hitung = 30,2 > t tabel = 2,04 maka hipotesis diterima, dan pengaruhnya sebesar 80% hal ini berarti masih ada sekitar 20% lagi faktor lain yang mempengaruhi akhlak terhadap diri sendiri di pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kognitif; Santri; Akhlaq;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 16 Oct 2019 01:53
Last Modified: 16 Oct 2019 01:53
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/25073

Actions (login required)

View Item View Item